manfaat kangkung untuk burung love bird

 Umum

manfaat kangkung untuk burung love bird – Kangkung (Ipomoea sp) adalah extra fooding (EF) yang biasa diberbagi terhadap lovebird lomba, khususnya 1 jam sebelum tampil di lapangan. Bahkan dalam penangkaran pun, pasangan induk yang rutin diberi kangkung mempunyai tingkat produktivitas yang lebih tinggi daripada indukan yang jarang alias tidak sempat mendapat sayuran tersebut. Mengapa bisa begitu? Ikuti analisis gizi dari Om Kicau berikut ini.

Secara umum, kangkung dibedakan menjadi dua jenis, yaitu kangkung yang tumbuh di darat (biasa disebut kangkung darat) dan kangkung yang tumbuh di air alias kangkung air. Kangkung darat terdiri atas beragam spesies. Sedangkan spesies kangkung air relatif sedikit, dan yang tidak sedikit tumbuh di negeri kami adalah spesies Ipomoea aquatica.

Ada beberapa perbedaan mendasar antara kangkung daratan dan kangung air, semacam terkesan pada tabel berikut ini.

KRITERIA KANGKUNG DARAT KANGKUNG AIR
Warma bunga putih kemerahan/keunguan putih bersih
Ukuran batang lebih kecil lebih besar
Warna batang putih kehijauan hijau
Ukuran daun Lebih kecil lebih besar
Biji lebih banyak lebih sedikit
Tempat tumbuh rawa, parit, sungai kebun, tegalan
Rasa agak amis manis

Catatan

Warna bunga pada kangkung darat tidak utama semacam pada tabel. Faktor ini sebab tidak sedikitnya spesies kangkung darat, jadi ada tipe tertentu yang warna bunganya ungu, pink, dan merah.
Namun kangkung darat yang tidak sedikit dibudidayakan di Indonesia umumnya mempunyai bunga berwarna putih keunguan alias putih kemerahan.

Kangkung paling baik untuk lovebird

Untuk lovebird, sebaiknya pilihlah kangkung darat yang relatif lebih higienis (kecuali kangkung air yang sengaja dibudidayakan manusia). Cirinya, semacam diungkap sebelumnya, warna batangnya tidak terlalu hijau, alias putih kehijauan. Pilihlah kangkung darat yang belum terlalu tua, dengan tutorial meremas batangnya. Apabila terasa keras, berarti kangkung telah tua. Kalau terasa sedikit lunak, itulah yang mestinya Kamu pilih.

Bagian yang bisa dikonsumsi lovebird sebaiknya daun saja, walau ada juga penangkar yang tetap mekhasiatkan tahap batang. Kangkung mempunyai kadar air kurang lebih 85,5 %, yang mana sebagian besar berada di batang. Kadar air terlalu tinggi mempercepat proses pembusukan sayuran di dalam wadah pakan.

Sebelum diberbagi, kangkung mesti dicuci bersih untuk menghapus semua kotoran. Seusai itu diangin-anginkan sebentar. Sebab kadar airnya tinggi, pemberian sayuran (tergolong kangkung) membutuhkan kontrol ketat. Usahakan sayuran habis dalam waktu 4 jam. Apabila telah melampaui batas waktu tersebut, dan kangkung tetap tersisa, sebaiknya dibuang dan diganti yang baru. Apabila tidak segera diganti, kandungan air yang ada dalam sayuran bakal mempercepat proses pembusukan yang tidak baik untuk kesehatan burung.

Khasiat kangkung dalam penangkaran lovebird

Apabila Kamu membaca beberapa profil penangkar lovebird yang sempat dimuat omkicau.com, biasanya bakal terkesan bagaimana mereka rutin memakai kangkung sebagai extra fooding bagi pasangan induk lovebird yang ada di kandang penangkaran.

Kangkung adalah sayuran penuh gizi. Bahkan dibandingkan dengan beberapa tipe sayuran lain, kandungan nutrisi pada kangkung terbilang lengkap. Dengan komposisi gizi yang nyaris sempurna, kangkung sanggup menambah birahi lovebird, baik lovebird lomba maupun lovebird yang sedang diternak.

Namun birahi yang dihasilkannya terkendali, tidak hingga over birahi (OB), sebab kangkung mempunyai sifat sejuk dan bakal semakin dibawanya hingga ke meridian usus dan lambungnya. Sebab itu, pelomba umumnya bakal memberbagi kangkung kurang lebih 1 jam sebelum lovebird digantang di arena lomba.

Menurut Ketua II Perhimpunan Dokter Indonesia Pengembang Kesehatan Tradisional Timur (PDPKT), Dr. Setiawan Dalimartha, kangkung juga mempunyai beberapa khasiat lain, misalanya :

Mempunyai kegunaaan sebagai penenang (sedative). Jadi, pemberian kangkung pada lovebird yang mau berlomba bukan hanya bakal menambah birahinya, namun juga bisa membikin burung lebih rileks ketika menghadapi musuh-musuhnya. Sedangkan dalam kandang penangkaran, induk betina alias jantan yang terbiasa mengkonsumsi kangkung juga menjadi tidak agresif alias menyerang pasangannya.
Mempunyai performa menetralisasi racun di dalam badan. Ini berarti lovebird yang terbiasa mengkonsumsi kangkung punya performa yang lebih keren ketika mengalami keracunan dampak pakan alias air minum yang masuk ke pencernaan.
Mempunyai sifat sejuk yang bakal masuk ke dalam meridian usus dan lambung (telah dijelaskan sebelumnya).
Mempunyai sifat antiradang. Dengan demikian, lovebird yang terbiasa menyantap kangkung juga jarang mengalami peradangan, apalagi hingga berjalan lama.
Melancarkan pembuangan kotoran.
Menolong menghentikan perdarahan.

KANDUNGAN NUTRISI INTI PADA KANGKUNG

Yang dimaksud nutrisi inti adalah kalori alias energi metabolisme, protein, lemak, karbohidrat, dan serat kasar. Berikut ini perbandingan kandungan nutrisi inti pada kangkung dan beberapa tipe sayuran lain.

Pada tabel di atas terkesan, nilai kalori, dan kadar protein, lemak, dan karbohidrat pada kangkung jauh mengungguli sayuran lainnya. Kalori tinggi, yang juga tercermin juga kadar karbohidrat, menjadi argumen lain mengapa lovebird yang diberi kangkung sebelum lomba bakal mempunyai stamina yang lebih keren.

KANDUNGAN VITAMIN PADA KANGKUNG

Sekarang kami lihat perbandingan kandungan vitamin pada kangkung dan beberapa tipe sayuran lainnya.

Pada tabel terkesan, kangkung mempunyai kandungan vitamin A yang sangat tinggi (15.379 IU), dan hanya kalah dari wortel yang terbukti adalah sumber vitamin A paling baik (16.705). Selagi ini tidak tidak sedikit yang mengenal kalau kangkung juga adalah sumber vitamin A potensial, yang nilainya hampir sejajar dengan wortel.

Apa khasiat vitamin A bagi pasangan induk lovebird dalam penangkaran?

Vitamin A bisa menolong sel untuk bereproduksi dengan cara normal. Apabila sel-sel tersebut tidak sanggup berkembang dengan cara normal, maka bisa berubah menjadi prakanker. Tipe burung yang tidak jarang mengalami tumor adalah kelompok burung parrot, tergolong lovebird.
Vitamin A sangat keren untuk induk betina, sebab telur yang dihasilkannya lebih bernilai. Ketika dierami, embrio bisa tumbuh sempurna.
Vitamin A sanggup melindungi badan indukan dari infeksi bakteri patogen.
Vitamin A menambah aktivitas kerja dari sel darah putih dan antibodi di dalam badan, jadi badan indukan menjadi lebih tahan terhadap senyawa toksin maupun serangan parasit.

Kangkung juga mempunyai kandungan vitamin C paling tinggi dibandingkan dengan tipe sayuran lain, yaitu 120 mg / 100 gram kangkung. Pada tabel di atas, tidak ada sayuran tidak hanya kangkung yang kadar vitamin C melebihi angka 100 mg.

Kegunaaan vitamin C telah tidak sedikit diketahui masyarakat, namun tidak ada salahnya kami berbagi ulang di sini :

Menambah daya tahan badan dari serangan penyakit, sebab mempunyai sifat antioksidan.
Menambah daya pulih badan saat terserang penyakit. Burung sakit yang mengkonsumsi vitamin C bakal lebih cepat sembuh daripada burung yang tidak diberi vitamin C.
Mengurangi racun dalam hati, sekaligus membenahi kinerja hati burung. Butuh diketahui, hati sangat penting dalam menopang seluruh kegunaaan badan burung.
Menambah sistem kekebalan badan burung, dan mengurangi risiko terkena kelumpuhan dan gangguan saraf lainnya, kanker, dan katarak.

Semua tipe sayuran tidak mengandung vitamin D, sebab vitamin ini diperoleh dalam bentuk pro-vitamin D ketika burung sedang dijemur di bawah terik matahari pagi. Jadi, tidak butuh dibahas lebih lanjut.

Kadar vitamin K pada kangkung juga jauh mengungguli tipe sayuran lain. Vitamin ini mempunyai aneka khasiat bagi lovebird Anda, antara lain:

Berperan penting dalam proses pembekuan darah. Lovebird yang terbiasa mengkonsumsi kangkung dengan sendirinya bakal cepat sembuh saat mengalami perdarahan, entah sebab terbentur jeruji kandang, terluka sebab diserang burung lain, dan sebagainya.
Mengurangi risiko terserang penyakit kelumpuhan dan gangguan saraf lainnya, penyakit tulang, diabetes / penyakit gula (cek postingan diabetes pada burung), perdarahan pada hati, dan sebagainya.
Menolong pertumbuhan tulang dengan cara sempurna, dan mengurangi risiko tulang lembek alias keropos.

Kangkung juga mempunyai kandungan vitamin B3 (Niasin) yang paling tinggi, yaitu 1 mg / 100 gram kangkung. Tidak hanya kangkung, hanya ada dua tipe sayuran yang mempunyai kandungan vitamin B3 yang sama, yaitu paprika merah dan wortel.

No Responses

Comments are closed.