Manfaat & Khasiat Batang Jagung bagi hewan ternak

 Tanaman

Manfaat & Khasiat Batang Jagung bagi hewan ternak – Jagung (Zea mays) adalah salah satu sumber karbohidrat bagi masyarakat Indonesia. Jagung disukai sebagai pilihan pengganti padi sebab tutorial penanamannya mudah, cepat panen serta mengandung tak sedikit nutrisi penting. Oleh sebab itu, produksi jagung di Indonesia pun lumayan melimpah. Bahkan Indonesia masuk dalam peringkat 10 besar negara penghasil jagung. Jagung tak sedikit dikonsumsi dengan tutorial direbus, dibakar alias diolah menjadi tepung maizena. Tidak hanya dikonsumsi oleh manusia, jagung juga djadikan pakan ternak. Nyatanya bukan hanya jagung saja yang bisa dikhasiatkan, batang tanaman jagung juga berguna bagi kenasiban.

Manfaat & Khasiat Batang Jagung bagi hewan ternak

Baca postingan terkait lainnya:

khasiat jagung hitam
khasiat beras jagung
khasiat jagung putih
khasiat air rebusan jagung
khasiat jagung bagi penderita asam lambung
Deskripsi

Tanaman jagung tergolong dalam kelompok monokotil. Sebagaimana batang tebu, batang jagung juga berdiri tegak serta beruas ruas. Ruas ruas batang dibungkus oleh pelepah daun. Daun tanaman jagung berbentu memanjang dengan tulang daun sejajar. Apabila dirasakan, daun terasa sedikit kasar sebab permukaannya sedikit berambut. Batang jagung lumayan kokoh meskipun kandungan lignin sedikit. Batang jagung bisa tumbuh sampai tingginya 1-2 meter. Tongkol jagung terbentuk pada buku buku diantara batang serta pelepah daun.

Baca juga postingan terkait:

khasiat rambut jagung
khasiat minyak jagung
khasiat bonggol jagung
khasiat nasi jagung
khasiat kulit jagung
Khasiat Batang Jagung

Jagung adalah salah satu komoditi yang tak sedikit dihasilkan oleh berbagai wilayah di Indonesia. Sayangnya, pekhasiatan tanaman jagung hanya terbatas pada jagung serta daunnya saja adalah batang jagung juga berguna bagi kenasiban manusia. Berbagai khasiat batang jagung diantaranya:

1. Sebagai Pupuk Kompos

Batang jagung mempunyai kandungan selulosa yang lumayan tinggi. Kandungan selulosa ini bisa diuraikan oleh mikroorganisme serta baik apabila dipakai sebagai pupuk kompos. Tutorial pembuatannya juga lumayan mudah. Bahan yang dibutuhkan hanya batang jagung, EM4, serta kotoran hewan. Tutorial membikin pupuk kompos dari batang jagung sebagai berikut:

Batang jagung dicacah kecil-kecil.
Masukan batang jagung cacahan serta EM4 kedalam tempat pembuatan pupuk. EM4 berkegunaaan untuk mempercepat proses fermentasi batang jagung.
Kemudian tambahkan kotoran fauna diatasnya.
Lanjutkan membikin lapisan itu sampai tingginya 1 meter.
Tutup lapisan pupuk dengan plastik alias penutup lain, tergantung pada tempat pembuatan pupuk yang dipakai.
Biarkan fermentasi berjalan selagi 2-4 minggu alias lebih sampai batang jagung berwarna coklat kehitaman serta tak berbau.
Keringkan untuk dibungkus alias bisa langsung dipakai sebagai pupuk.

Pupuk kompos dari batang jagung tak sedikit mengandung unsur kalium yang tak sedikit dibutuhkan oleh tanaman. Jadi pemakaian pupuk kompos ini bisa memicu pertumbuhan serta perkembangan tanaman.

Postingan terkait:

khasiat batang pisang
khasiat ampas tebu
khasiat abu daun kelapa
khasiat pupuk KCL
khasiat batang talas
2. Pakan Ternak

Selain dipakai sebagai pupuk kompos, batang jagung juga bisa dipakai sebagai pakan ternak, terutama sapi. Memberi batang jagung yang sudah dicacah sebagai pakan sapi bisa membikin kotoran sapi tak berbau. Ini juga bisa dikhasiatkan sebagai hubungan saling menguntungkan antara peternak sapi serta petani jagung. Peternak bisa mendapat pakanan bagi sapinya, sebaliknya petani jagung bisa mekhasiatkan kotoran sapi sebagai pupuk kompos bagi tanaman jagung.

Baca juga postingan lain
Demikian uraian khasiat batang jagung bagi kenasiban manusia. Semoga berguna.

No Responses

Leave a Reply