Manfaat & Khasiat Gambir Untuk Penderita Diabetes

Khasiat Gambir Untuk Penderita Diabetes – Gambir (Uncaria gambir) merupakan tanaman yang berasal dari Indonesia serta Malaysia. Tanaman ini tak jarang dipakai sejak dulu oleh orang Indonesia sebagai bahan menyirih. Kandungan gambir dipercaya bisa menguatkan serta mengobati persoalan gigi serta mulut.

Deskripsi serta Kandungan Gambir

Gambir merupakan tanaman merambat yang mempunyai daun bulat meruncing hampir menyerupai sirih. Dibagian tanaman gambir ditemukan adanya duri yang melindunginya. Gambir juga mempunyai bunga yang berwarna pink yang indah serta mencolok. Berbagai kandungan yang ada pada gambir yaitu alkaloid, tanin, dihidro tanin, okso tanin, katekin serta flavonoid.

Manfaat & Khasiat Gambir Untuk Penderita Diabetes

Diabetes

Diabetes merupakan penyakit dampak kadar gula darah yang tinggi dalam badan. Sebetulnya dalam keadaan normal kadar gula darah bisa meningkat satu alias dua jam seusai makan. Faktor ini dikarenakan makanan yang dicerna badan sedang diserap serta diedarkan dalam darah. Dalam permasalahan diabetes jenis 1, badan tak menghasilkan hormon insulin untuk mengolah gula darah jadi kadar gula darah meningkat dengan cara signifikan. Sedangkan dalam permasalahan diabetes jenis 2, badan sanggup menghasilkan insulin tetapi dalam jumlah yang sangat sedikit. Oleh sebab itu penderita diabetes wajib menjaga pola makannya dengan baik.

Sebagimana yang dipaparkan diatas, gambir mempunyai kandungan alkaloid, tanin, dihidro tanin, okso tanin, katekin serta flavonoid. Kandungan gambir bisa mengontrol kadar gula dalam darah jadi baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Kandungan alkaloid mempunyai kegunaaan memperlancar masuknya nutrisi, dalam faktor ini gula darah masuk serta diproses dalam sel badan. Terus tak sedikit sel yang mengolah gula darah maka kadar gula darah bisa menurun. Alkaloid membuka pori pori sel sebagai akses ke dalam sel sekaligus jalan keluar hasil metabolisme badan. Jadi bukan hanya menolong pengolahan gula darah, kandungan alkaloid menolong proses pembuangan hasil metabolisme dari sel badan.

Selain alkaloid, gambir juga mengandung flavonoid. Flavonoid mempunyai khasiat yang sangat baik untuk kesehatan. Flavonoid merupakan senyawa bioaktif yang bisa ditemukan dalam buah, kacang-kacangan, biji, serta berbagai sayuran serta berperan dalam perkembangan sel. Berbagai penelitian menunjukkan flavonoid bisa dipakai untuk terapi pengobatan diabetes. Pada penelitian memakai tikus percobaan ditemukan efek kandungan flavonoid bisa menurunkan enzim aldose reductase, menolong regenerasi sel beta pankreas, serta menambah sekresi insulin. Sel beta pankreas merupakan tempat dimana hormon insulin diproduksi. Jadi dengan cara tak langsung kandungan flavonoid bisa menambah produksi hormon insulin juga.

Demikian uraian postingan khasiat gambir untuk diabetes. Meskipun gambir mempunyai khasiat yang baik, konsumsinya wajib dibatasi. Lumayan dengan konsumsi gambir dua kali sehari. Konsumsi berlebihan bisa menyebabkan efek negatif bagi badan. Semoga berguna.

Manfaat & Khasiat Gambir Untuk Penderita Diabetes | Cak Mamad | 4.5