Manfaat & Khasiat Ketumbar Untuk Darah Tinggi (Hipertensi)

 Herbal

Khasiat Ketumbar Untuk Darah Tinggi (Hipertensi) – Darah tinggi merujuk pada kondisi tekanan darah yang tinggi pada seseorang. Tekanan darah tinggi (hipertensi) merupakn kondisi di mana tekanan darah pada pembuluh darah bersih meningkat. Menurut Riset Dinas Kesehatan (2013), penderita tekanan darah tinggi pasa usia lebih dari 18 tahun mencapai 25,8 persen dari jumlah keseluruhan penduduk Indonesia. Tekanan darah tinggi ini bisa dkatakan sebagai pembunuh diam-diam sebab tak mempunyai gejala yang jelas tetapi menjadi penyebab kematian paling atas di Indonesia.

Khasiat Ketumbar Untuk Darah Tinggi (Hipertensi)

Pengobatan tekanan darah tinggi bisa diperbuat dengan mengkonsumsi obat maupun non obat. Dari sisi non obat, konsumsi ketumbar dipercaya bisa mebantu menurunkan tekanan darah.

Ketumbar

Ketumbar (coriandrum sativum) merupaka flora rempah-rempah terkenal dari Eropa Selatan yang buahnya biasa dipakai sebagai bumbu pelengkap masakan. Tanaman ketumbar adalah terna/herba setinggi kurang lebih 20-100 cm yang umumnya ditanam pada ladang serta pekarangan rumah. Daun ketumbar share menyirip, tak berambut, berseludung serta mempunyai tepi berwarna putih. Sedangkan bunga ketumbar adalah bunga majemuk berbentuk payung dengan tangkai bunga sepanjang 2-10 cm serta daun pembalut kecil. Mahkota bunga ketumbar berwarna merah muda alias merah pucat sepanjang 3-4 mm. Buah ketumbar berbentuk biji berkapasitas kecil dengan diameter 1-2 mm. Sebelum dipakai, biji ketumbar dikeringkan terlebih dahulu untuk kemudian dipasarkan di pasaran.

Ketumbar mempunyai kandungan yang lumayan tak sedikit. Kandungan tersebut antara lain sabienne, myrcene, A-terpinene, ocimene, lnalool, geraniol, dekanol, desilaldehida, trantridecen, asm petroselinat, asam oktadasenat, D-mannite, skopoletin, P-simena, kamfena serta felandren.

Pekhasiatan ketumbar untuk darah tinggi

Meskipun tak jarangnya dipakai sebagai bumbu masak, nyatanya ketumbar bisa juga dipakai sebagai obat tradisional penurun tekanan darah pada penderita darah tinggi. Sebab kandungannya, konon ketumbar dipercaya oleh masyarakat bisa berkhasiat untuk menolong menurunkan tekanan darah pada penderita darah tinggi.

Ohya, kita sarankan Kamu untuk memakai ketumbar yang tetap asli tanpa pemrosesan bahan kimia yang biasanya berwarna buram. Biasanya, ketumbar di pasaran sudah melalui proses pencucian dengan bahan kimia/pemutih untuk memperoleh warna yang lebih keren.

Untuk memperoleh khasiat ketumbar untuk menurunkan tekanan darah tingi, Kamu dpat membikin ramuan dari ketumbar dengan resep sebagai berikut.

Siapkan ketumbar setidak sedikit ¼ kg, cuci bersih
Rebus ketumbar dalam air hingga mendidih. Catatan: ada juga yang merebus air ketumbar dengan tambahan seledri
Jika air rebusan ketumbar sudah berubah warna menjadi kecoklatan, angkat air rebusan ketumbar serta saring untuk membuang ampas rebusan ketumbar
Minum air rebusan ketumbar dengan cara selalu. Kamu bisa meminum air rebusan ketumbar dalam kondisi dingin alias simpan air rebusan ke dalam lemari es supaya bisa tahan lebih lama
Atau, Kamu juga bisa membikin ramuan ketumbar dengan resep sebagai berikut.

Siapkan ketumbar bersih yang bisa Kamu beli di minimarket, boleh Kamu cuci terlebih dahulu
Ambil 2 sendo ketumbar serta masukkan ke dalam gelas
Tuangkan air panas ke dalam gelas berisi ketumbar serta tunggu hingga dingin
Anda bisa meminum air ketumbar ini setidak sedikit 1 kali sehari dengan cara selalu
Ada baiknya konsumsi air ketumbar Kamu hentikan sementara jika tekanan darah Kamu turun

Demikian adalah info yang bisa kita hinggakan tentang khasiat ketumbar untuk darah tinggi. Seusai membaca tentang info ini, silahkan Kamu praktekkan sendiri untuk meminum ramuan air ketumbar guna mengenal hasilnya kepada penurunan tekanan darah. Terimakasih sudah membaca postingan ini serta semoga berkhasiat.

No Responses

Leave a Reply