Manfaat & Khasiat Kulit Kayu Asam Jawa bagi Kesehatan

 Herbal

Khasiat Kulit Kayu Asam Jawa bagi Kesehatan – Asam jawa alias biasa disebut asam adalah tanaman yang terkenal untuk dijadikan pelengkap bumbu masakan. Tetapi tahukah Kamu bahwa pohon asam jawa dengan diameter batang 25 meter bisa mencapai ketinggian sampai 100 meter? Serta dalam setahun pohon yang telah tua bahkan sanggup menghasilkan sampai 250 kg buah asam.

Khasiat Kulit Kayu Asam Jawa bagi Kesehatan

Tanaman yang satu ini juga faktanya terbukti mempunyai tak sedikit sekali khasiat sebagai tanaman herbal. Bayangkan saja dari daun, kulit batang, buah, sampai bijinya pun mempunyai khasiat bagi kesehatan. Sehingga bukan hanya daging buahnya saja yang bisa dikhasiatkan. Oleh sebab itu, pada postingan hari ini bakal dibahas tentang khasiat kulit kayu asam jawa. Berikut adalah khasiat kulit kayu asam jawa:

1. Mengobati Asma

Asma adalah penyakit pernafasan yang membikin penderita mengalami sesak alias susah untuk bernafas. Bagi penderita asma, kulit kayu asam jawa mungkin bisa menjadi opsi sebagai obat pilihan tradisional. Caranya adalah dengan merebus 2 potong kulit kayu asam jawa serta adas pulowaras dengan 2 gelas air. Didihkan sampai tersisa setengahnya kemudian saring sebelum diminum. Kamu bisa mengkonsumsi ramuan tradisional ini dengan cara selalu untuk hasil yang maksimal.

2. Anti-Bakteri

Menurut suatu studi yang diperbuat Concordia College, Departemen Nutrisi serta Diet, tanaman asam jawa, tergolong kulit kayunya mempunyai khasiat sebagai antibakteri kepada penyebab penyakit pneumonia, tifus, serta bakteri yang bisa menyebabkan berbagai infeksi penyakit pada kulit.

3. Gangguan Percernaan

Untuk mengobati gangguan pencernaan Kamu bisa memakai 1-2 gram bubuk kulit kayu asam untuk kemudian diseduh dengan 1 gelas air panas. Minum dengan cara selalu satu hari sekali untuk efek yang maksimal.

4. Melawan Bakteri Penyebab Infeksi Saluran Reproduksi

Menurut suatu penelitian Universitas Syiah Kuala (2015) kulit kayu asam mempunyai aktivitas antibakteri yang kuat dalam menghambat pertumbuhan streptokokus Grub B (SGB). SGB inilah yang tak jarang menjadi penyebab infeksi pada saluran reproduksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak metanol yang terkandung pada kulit kayu asam jawa sanggup menghambat pertumbuhan SGB isolat vagina.

5. Mengurangi Kadar Glukosa Darah

Penelitian lain yang menjadikan tikus putih jantan sebagai objek eksperimen, mengungkapkan bahwa kulit kayu asam jawa mempunyai efek hipoglikemik. Hasilnya ekstrak etanol kulit kayu asam jawa terbukti sanggup menurunkan kadar glukosa darah. Flavonoid, alkaloid, serta tanin pada kulit kayu asam jawa adalah senyawa kimia yang diduga sanggup merangsang sekresi insulin serta menghambat penyerapan glukosa di saluran pencernaan.

6. Menyembuhkan Luka

Apabila Kamu mengalami luka yang tak terlalu serius, Kamu bisa menyembuhkan luka tersebut dengan mengolesi tahap badan kamu yang terluka dengan bubuk kulit kayu asam jawa.

7. Menyembuhkan Borok

Apabila kamu mempunyai borok di kulit kamu bisa menaburkan bubuk kulit kayu asam jawa di daerah yang terluka. Sebab kulit kayu asam jawa mempunyai sifat tonik serta astringen, maka sangat tepat sebagai obat alamiah luka yang dikarenakan infeksi bakteri.

8. Menyembuhkan Bisul

Apabila pada kulit Kamu tersedia benjolan merah yang terasa sakit serta terkesan bernanah, Kamu mungkin terkena bisul. . Kulit kayu asam jawa yang mempunyai kegunaaan anti-bakteri pastinya juga bisa menolong mengobati infeksi sebab bakteri yang menyebabkan bisul.

9. Menyembuhkan Ruam

Ruam yang timbul pada kulit biasanya ditandai dengan rasa gatal, bengkak, kulit kemerahan, iritasi, bahkan kulit bisa mengeras alias tersedia benjolan semacam melepuh pada kulit. Ruam pada kulit bisa dikarenakan oleh berbagai hal semacam efek dari obat-obatan, kosmetik, alergi. alias penyakit lainnya. Kulit asam jawa diindikasikan bisa menolong meringankan ruam pada kulit.

10. Mengobati Sariawan

Sariawan bukanlah penyakit yang berbahaya, hanya saja sebab saat sariawan penderita tentu kesusahan untuk makan maupun bicara, penyakit ini lumayan mengganggu aktivitas sehari-hari. Tetapi jangan khawatir, rupanya bubuk kulit kayu asam jawa juga bisa dipakai sebagai obat berkumur bagi penderita sariawan. Apabila berkumur dengan ramuan tradisional ini dengan cara selalu sariawan Kamu bisa diatasi.

Khasiat kulit asam jawa mungkin tak begitu diketahui dengan cara luas tetapi faktanya seluruh tahap tanaman asam jawa mempunyai khasiat yang baik untuk kesehatan. Sehingga apabila dikurang lebih lingkungan Kamu tersedia pohon buah asam, maka jangan hanya mekhasiatkan buah serta daunnya, tapi coba juga untuk mekhasiatkan kulit kayunya.

Untuk membikin bubuk kulit kayu asam jawa Kamu bisa menjemur kulit kayu asam jawa sampai sangatlah kering, kemudian tumbuk halus sampai berbentuk butiran kecil alias bubuk. Mudah bukan?

No Responses

Leave a Reply