Khasiat & Manfaat Kurma Untuk Penderita Anemia

 Buah

Khasiat – Pernahkah kalian merasakan gejala gejala mudah lelah, nafas memburu, tak jarang sakit kepala, sulit tidur serta wajah pucat? Mungkin kalian sedang mengalami anemia. Anemia adalah kondisi dimana tubuh ketidak lebihan sel darah merah. Sel darah merah berkegunaaan mengikat oksigen serta mengedarkannya bersama zat nutrisi ke sel sel tubuh. Oleh sebab itu penderita anemia terkesan pucat serta mudah lelah.
Anemia bisa dikarenakan oleh berbagai hal, semacam pendarahan, menstruasi, hamil, ketidak lebihan zat besi, serta kelainan sistem tubuh. Uniknya penderita anemia yang dikarenakan oleh ketidak lebihan asupan zat logam biasanya menunjukkan kelainan perilaku yaitu ingin memakan kertas, tanah alias benda yang tak mempunyai nutrisi yang diperlukan tubuh. Kondisi ini disebut dengan pica.

manfaat-kurma-untuk-penderita-anemia
Anemia sebab ketidak lebihan zat logam bisa dihindari dengan membiasakan diri mengonsumsi makanan dengan kandungan zat logam tinggi. Contoh makanan yang mempunyai kandungan zat logam antara lain:
”    Daging merah
”    Seafood
”    Sayur hijau semacam bayam serta buncis
”    Buah yang dikeringkan semacam kurma
Kurma (Date Palm) adalah sejenis flora palem yang tak sedikit ditemukan di Timur Tengah. Sejak dulu kurma dikenal sebagai buah tangan eksklusif orang orang Indonesia yang menunaikan ibadah haji. Tetapi kini kurma mudah ditemukan di Indonesia. Kurma mempunyai kandungan kalori yang lumayan tinggi. 100 gram kurma mempunyai kalori kurang lebih 900 – 1100 kJ tergantung dengan tipe serta tempat penanamannya.
Kurma sangat tepat dikonsumsi oleh penderita anemia. Berbagai kegunaaan kurma diantaranya:
1.    Memberbagi tenaga
Penderita anemia tak jarang merasa lelah serta tak lebih bertenaga. Faktor ini dikarenakan tak lebihnya jumlah sel darah merah jadi nutrisi yang diserap tubuh tak bisa diedarkan dengan cara optimal. Cobalah mengonsumsi 5 butir kurma. Energi yang dikandung 5 kurma setara dengan 130 kJ. Bukan hanya proses pencernaan lebih singkat, energi yang dihasilkan bisa segera diedarkan tubuh jadi tubuh tak bakal terasa lemas.
2.    Mempunyai kandungan zat logam tinggi
Penyebab anemia salah satunya adalah sebab ketidak lebihan zat besi. Zat logam adalah zat mutlak dalam pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah. Hemoglobin inilah yang bisa berikatan dengan oksigen serta nutrisi untuk diedarkan dalam tubuh. Konsumsi kurma 3-5 butir sehari bisa menolong tubuh memenuhi asupan zat logam jadi bisa sel sel darah merah bisa diproduksi lebih tak sedikit.
3.    Penting untuk kesehatan tulang serta sumsum tulang
Selain kaya bakal zat besi, kurma juga kaya mineral lain semacam kalium, kalsium, serta fosfor. Mineral mineral ini sangat baik untuk kesehatan tulang serta sumsum tulang manusia. Sel darah merah diproduksi pada sumsum tulang, terutama pada sumsum tulang merah di tulang pipa. Dengan memenuhi nutrisi yang diperlukan tulang serta sumsum, maka produksi sel darah merah tdak bakal terganggu.
4.    Mencegah anemia pada bunda hamil
Ibu hamil serta menyusui cenderung mengalami gejala anemia. Wajar saja sebab nutrisi yang diserap tubuh juga dipakai untuk perkembangan janin. Kurma menolong mencegah terjadinya anemia pada bunda hamil dengan menyediakan energi yang tinggi serta merangsang produksi sel darah merah dalam tubuh bunda hamil. Dampaknya tubuh si bunda tak bakal ketidak lebihan zat zat nutrisi juga.
Butuh diperhatikan bahwa konsumsi kurma per hari tak boleh terlalu tak sedikit. Hiperglikemia serta diabetes adalah resiko yang wajib dihadapi jika mengonsumsi kurma berlebih setiap hari.

No Responses

Comments are closed.