8 Manfaat Kacang Polong Untuk Kesehatan

Kacang polong untuk masyarakat Indonesia mungkin tidak seterkenal kacang sukro, kacang mede, kacang bogor, kacang kedelai maupun kacang tanah yang di rebus untuk dijadikan cemilan. Tetapi, bagi Anda yang pernah berlibur di luar negeri ataupun restoran mewah internasional yang ada di Indonesia, tentunya pasti mengetahui kacang polong atau encis.

8 Manfaat Kacang Polong Untuk Kesehatan

Di dalam artikel ini akan dijelaskan berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan bila mengonsumsi kacang polong, mungkin setelah ini Anda akan segera membelinya, berikut ini manfaat – manfaat dari kacang polong.

1. Untuk membantu meningkatkan masa otot

Kenapa kacang polong bisa meningkatkan massa otot? Itu karena di dalam kacang polong terdapat banyak kandungan protein nabatinya. Pada 1000 gr kacang polong terdapat 80 gr protein nabati, hampir setara dengan 280 gr daging sapi dengan kandungan protein 90 gr. Karena kandungannya ini kacang polong mampu memenuhi kebutuhan protein manusia setiap hari. Memasukkan kacang polong dalam menu diet anda akan sangat membantu jika anda dalam program menaikan masa otot, dan ditambah dengan asupan sumber protein lainnya seperti manfaat telur.

2. Menurunkan kolesterol

Sebuah penelitian menunjukan, kacang polong dapat membunuh kolestrol jahat karena mengandung omega 3. Omega 3 merupakan lemak tak jenuh atau lemak baik yang berperan dalam menetralisir kelebihan lemak jenuh penyebab kolesterol.

3. Untuk melindungi mata

Beta karoten atau karotenoid merupakan kandung alami yang bisa Anda dapatkan dari sayur – sayuran yang berwarna cerah. Tapi tak menutup kemungkinan sayuran atau buah-buahan yang berwarna lain juga mengandung beta karoten, seperti manfaat bayam dan kacang polong. Beta karoten mampu mengubah warna dari sayur – sayuran ini menjadi vitamin A, sehingga beta karoten menjadi sumber vitamin A. Manfaat vitamin A selain untuk mempertahankan kesehatan mata juga bermanfaat sebagai zat antioksidan yang dapat memberikan pertahanan tubuh lebih optimal.

4. Meregenarasi kerusakan sel tubuh

Vitamin C sangat berguna sekali untuk tubuh manusia, karena vitamin C berfungsi untuk merrgenerasi sel – sel tubuh yang rusak.. Karena manfaatnya dalam hal meregenerasi, maka vitamin C akan sangat berguna untuk kecantikan seperti memperbaiki kondisi rambut rusak (kering, bercabang) karena kekurangan vitamin C, memperbaiki kondisi kulit kusam karena vitamin C dapat memproduksi kolagen yang berkhasiat untuk kulit kencang dan cerah.

5. Menurunkan gula darah

Kacang polong adalah salah satu kacang – kacangan makanan yang kaya akan serat dan protein di dalamnya Sehingga, karena kkadar serat dan protein yang tinggi dari kacang polong, maka dapat membantu ginjal dalam mengontrol gula dalam darah. Diet dengan mengonsumsi makanan yang tinggi protein dan serat dapat membantu menjaga gula darah.

6. Mencegah osteoporisis

Folat banyak terdapat pada sayur-sayuran, buah-buahan serta kacang-kacangan termasuk kacang polong. Ternyata fugsi folat bukan hanya baik untuk bayi di dalam kandungan, namun juga baik untuk orang dewasa. Seperti penyakit osteoporosis yang sering terjadi pada orang tua. Folat membantu tubuh agar dapat mengubah homosistesin menjadi metionin. Lalu, apakah itu homosistesin? Homosistesin merupakan salah satu faktor penyebab dari penyakit osteoporosis. Sehingga jika tubuh kekurangan folat, maka kadar homosistesin dalam darah akan naik dan menyebabkan osteoporosis.

7. Mencegah penyakit jantung

Omega 3 adalah lemak tak jenuh yang sangat bermanfaat untuk melawan kokesterol jahat penyebab penyakit – penyakit mematikan seperti jantung. Selain terdapat omega 3, ternyata ada kandungan lain yang terkandung di dalam kacang polong yang bermanfaat untuk kesehatan jantung seperti fitonutrien, sapion, flavanol. Flavanol bermanfaat sebagai zat anti pembekuan darah, penyebab resiko penyakit jantung.

8. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kacang polong kaya akan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk meregenerasi sel – sel yang rusak sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh manusia yang berarti dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. Selain itu, omega 3 juga dapat bermanfaat untuk elastsitas kulit karena dapat menjadi antioksidan bagi tubuh.
Demikian informasi mengenai beberapa manfaat bila mengonsumsi kacang polong yang bisa Anda dapatkan. Segala informasi di artikel ini merupakan informasi yang diambil dari berbagai sumber. Semoga apa yang disajikan di dalam artikel ini bermanfaat untuk Anda beserta keluarga. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

8 Manfaat Kacang Polong Untuk Kesehatan | Prameswara | 4.5