Khasiat Madu Bagi Kesehatan Secara Medis

Khasiat Madu Bagi Kesehatan Secara Medis – Madu diketahui memiliki manfaat yang sangat baik untuk kecantikan dan kesehatan tubuh. Cairan yang dihasilkan oleh lebah ini juga dijadikan andalan sebagai obat tradisional karena manfaatnya yang begitu besar dan dapat mengatasi berbagai penyakit.

Khasiat Madu Bagi Kesehatan

Khasiat Madu Bagi Kesehatan

Terdapat banyak kandungan di dalam madu, di antaranya vitamin E, vitamin C, air, gula, asam amino, antioksidan, flavonoid, fenolat, serta mineral seperti zat besi dan zinc. Madu biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat tradisional untuk menyembuhkan penyakit asma, diare, alergi, dan batuk. Selain itu, madu juga banyak dimanfaatkan untuk permasalahan kulit, seperti meredakan gatal dan menyembuhkan luka. Lalu, bagaimanakah manfaat madu bila ditinjau secara medis?

Ada baiknya bila Anda memamfaatkan madu sebagai obat tradisional, Anda juga harus mengetahui manfaat madu yang sebenarnya bila ditinjau dari segi medis. Berikut ini penjelasannya.

Manfaat Madu Untuk Kesehatan Secara Medis

1. Batuk
Banyak penelitian yang menunjukan bahwa rasa manis yang dihasilkan dari madu dapat merangsang produksi air liur dan lendir. Hal tersebut bisa membuat tenggorokan terus basah oleh air liur dan lendir sehingga dapat meredakan batuk. Bila Anda mengonsumsi madu sebelum tidur, dapat secara signifikan meredakan batuk.

2. Diabetes
Selain meredakan batuk, madu ternyata juga dapat menyembuhkan diabetes. Sebuah penelitian menunjukan bahwa bila seorang penderita diabetes mengonsumsi madu secara rutin, maka dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Bukan hanya itu, berat badan yang berlebih serta kolesterol jahat dapat diatasi dengan mengonsumsi madu secara rutin. Namun, perlu dikaji lebih mendalam mengenai jenis madu apa yang secara efektif dapat menyembuhkan kondisi tersebut.

3. Penyembuhan luka
Guna menyembuhkan luka, Anda dapat mengolesi bagian tubuh yang terluka dengan madu olahan atau pun krim yang mengandung madu. Kandungan yang terdapat di dalam madu dipercaya dapat membantu mempercepat penyembuhan luka dengan cara mengurangi rasa sakit.

4. Sariawan akibat radioterapi
Mengonsumsi madu dapat mengurangi tingkat peradangan dan nyeri pada sariawan serta rasa sakit saat menelan akibat efek dari terapi radiasi dalam penyembuhan kanker di leher maupun kepala. Penelitian menunjukan bahwa pasien pasca terapi radiasi yang diberikan madu merasa tingkat kenyerian kepalanya berkurang dibanding pasien yang tidak diberikan madu.

Beberapa penelitian menunjukan manfaat madu untuk penyakit di atas. Namun, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, perlu dilakukan kajian yang mendalam dengan sampel yang lebih baik lagi agar memperkuat bukti medis tersebut.

Selain itu, perlu dilakukan lagi penelitian – penelitian yang lebih baik untuk beberapa kondisi – kondisi di bawah ini.

  • Meningkatkan stamina
  • Mengatasi alergi makanan
  • Mengobati diare
  • Meringankan kondisi setelah operasi mata
  • Meningkatkan kesuburan
  • Mengatasi gatal di kulit
  • Mengobati iritasi kulit akibat cahaya matahari
  • Meringankan asma
  • Mengatasi masalah kekurangan giz

Seberapa Aman Madu Untuk Dikonsumsi?

Jika madu dikonsumsi dan dioleskan ke kulit dengan tepat dan benar, maka madu tergolong aman. Anak – anak balita juga aman untuk mengonsumsi madu. Namun, untuk anak yang berusia di bawah satu tahun sebaiknya dihindari dari mengonsumsi madu, agar anak tersebut terhindar dari botulisme. Botulisme merupakan kondisi dimana sarah tubuh terganggu akibat racun dan tentunya dapat berakibat sangat fatal.

Namun, Anda perlu mengetahui bahwa tidak semua madu aman untuk kesehatan, ada jenis madu yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit, yaitu madu dari nektar Rhododendron. Madu jenis ini sangat berbahaya bila dikonsumsi karena dapat menyebabkan nyeri dada, tekanan darah rendah, dan gangguan irama jantung karena madu tersebut mengandung racun.

Untuk ibu hamil dan menyusui, sebaiknya menghindari mengonsumsi madu walaupun kemungkinan besar aman untuk kesehatan. Lebih baik Anda jangan mengambil risiko.

Itulah informasi mengenai khasiat dan manfaat madu ditinjau dari segi medis. Perlu diingat, sebelum Anda mengonsumsi produk – produk yang memanfaatkan madu sebagai penyembuhannya, ada baiknya Anda mencari informasi mengenai apakah produk – produk tersebut sudah terdaftar di BPOM (Badan Pemeriksa Obat dan Makanan) RI atau belum. Jangan lupa juga untuk melihat tanggal kadaluarsa produk tersebut. Jangan lupa untuk konsultasikan penyakit Anda ke dokter, jangan hanya memanfaatkan obat herbal.

Khasiat Madu Bagi Kesehatan Secara Medis | Prameswara | 4.5