Manfaat dan Khasiat Cuka Apel Tahesta untuk Kesehatan

Apel merupakan salah satu jenis buah-buahan yang banyak tumbuh di Indonesia. Berbagai macam jenis apel ada di Indonesia, ada jenis apel yang asli dari Indonesia tetapi juga ada apel yang diimpor dari negara lain. Berbagai macam jenis apel ini antara lain yaitu apel merah, apel fuji, apel anna dan apel malang. Jenis apel yang banyak tumbuh di Indonesia yaitu apel malang, apel ini mempunyai warna hijau dan rasanya sedikit masam. Sesuai dengan namanya, jenis apel yang satu ini banyak tumbuh di daerah Malang dan karena itulah Malang terkenal dengan julukan kota apel karena banyak menghasilkan apel.

Manfaat Khasiat Cuka Apel Tahesta

Karakteristik Buah Apel

Apel banyak tumbuh di daerah Malang sehingga berbagai macam produk olahan dari apel dapat diperoleh dari kota tersebut. Buah apel dapat dikonsumsi secara langsung ataupun diolah dengan hingga menghasilkan beberapa produk. Produk yang dapat dihasilkan dari olahan buah apel ini seperti kripik apel dan juga cuka apel. Kripik apel mungkin sudah sangat dikenal oleh masyarakat, perlu diketahui cuka apel juga merupakan produk dari buah apel yang bermanfaat untuk keseharian. Cuka apel dihasilkan dari fermentasi buah apel. Jenis apel yang digunakan untuk membuat cuka apel ini biasanya diambil dari apel Anna. Cuka apel terkenal dengan rasanya yang asam sehingga banyak digunakan untuk berbagai macam tambahan untuk makanan dan kue.

Telah disebutkan bahwa cuka apel ini dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai penambah rasa macam untuk makanan karena rasa masam yang dihasilkan alami dari buah apel. Selain sebagai penambah rasa pada masakan, cuka apel juga digunakan untuk mengawetkan makanan seperti daging, acar serta sayuran. Tidak semua jenis cuka apel banyak dipasarkan, jenis cuka apel tahestalah yang banyak dijual di pasaran. Selain untuk tambahan masakan dan untuk mengawetkan makanan, jenis cuka apel tahesta ini juga banyak manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan manusia.

Berbagai macam kandungan yang ada pada cuka apel tahesta dapat membantu menyerap nutrisi dari dalam tubuh. Cuka apel tahesta mengandung asam asetat, asam amino, asam sitrat dan pectin serta senyawa polifenol yang merupakan serat alami yang mudah larut dalam air.

Cuka apel tahesta sangat bermanfaat untuk kesehatan karena termasuk dalam salah satu obat herbal. Obat herbal yang alami seperti cuka apel ini sangat baik untuk kesehatan karena tidak menimbulkan efek samping. Proses pembuatan cuka apel tahesta yang baik serta dipilih dari bahan baku apel dengan tingkat kematangan yang sudah diperhitungkan akan memberikan efek yang baik untuk kesehatan.

Manfaat dan Khasiat Buah dan Cuka Apel

Menurunkan kolesterol

Bagi mereka yang menderita kelebihan kolesterol tentunya tidak baik untuk kesehatan karena akan menyebabkan beberapa penyakit lain. Untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada tubuh dapat menggunakan cuka apel tahesta. Kandungan pectin yang ada pada cuka apel tahesta yang merupakan salah satu jenis serat yang mudah larut dalam air dapat membantu menyerap nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dan membuang sisa-sisa racun dari dalam tubuh termasuk kolesterol. Selain itu kandungan asam asetat pada cuka apel tahesta juga dapat menurunkan kolesterol.

Mengatasi jerawat

Masalah jerawat pada wajah dapat diatasi dengan menggunakan cuka apel tahesta. Caranya yaitu dengan menggunakan cuka apel sebagai toner. Basuh wajah dengan menggunakan air bersih setelah itu tuangkan cuka apel pada kapas lalu gunakan untuk membersihkan wajah yang berjerawat. Penggunaan cuka apel tahesta sebagai toner pada wajah juga dapat membantu wajah terlihat lebih cerah dan kulit sehat. Antibakteri yang ada pada cuka apel tahesta dapat membantu mengatasi jerawat, serta asam laktat dapat menyeimbangkan PH kulit.

Khasiat Cuka Apel Tahesta

Mencegah bau mulut dan menjaga kesehatan mulut

Bau mulut sering muncul karena kondisi kesehatan mulut yang tidak terjaga. Bau mulut tentu saja dapat menggangu karena dapat menurunkan tingkat percaya diri ketika berbicara dengan orang lain. Untuk menjaga kesehatan mulut dan mencegah timbulnya bau mulut, dapat menggunakan cuka apel tahesta sebagai obat kumur. Setelah berkumur dengan menggunakan cuka apel, gosok gigi seperti biasanya. Cuka apel ini membantu membunuh bakteri pada mulut yang menyebabkan bau mulut.

Menyembuhkan sakit perut

Sakit perut dapat disebabkan dari berbagai macam hal seperti makanan yang tidak cocok dengan perut, cuaca yang selalu berubah serta adanya bakteri jahat yang menyerang usus. Cuka apel tahesa ini dapat membantu menyembuhkan sakit yang ada pada perut. Caranya dengan meminum campuran cuka apel tahesa dan air putih. Sifat antibiotic yang ada pada cuka apel dapat membunuh kuman dan mencegah infeksi pada usus yang disebabkan oleh bakteri sehingga dapat mengurangi kejang yang terjadi pada usus.

Mencegah diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang dapat terjadi karena faktor gen atau keturunan. Jika salah satu dari keluarga terkena penyakit diabetes, tidak menutup kemungkinan anggota keluarga lain juga dapat terkena penyakit turunan ini. Sebelum mengidap penyakit diabetes lebih baik dilakukan usaha pencegahan yaitu dengan menggunakan cuka apel. Caranya yaitu dengan minum 2 sendok cuka apel sebelum tidur, dan lakukan secara rutin maka kadar gula dalam darah akan menurun sebanyak 4 persen.

Sebagai anti racun atau detoksifikasi

Banyaknya aktifitas yang kita lakukan di luar dapat menyebabkan berbacagai macam racun dan banteri masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itulah diperlukan ramuan anti racun atau detoksifikasi yang membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Berbagai macam kandungan mineral yang ada pada cuka apel tahesta dapat menetralkan PH tubuh dan mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh, cuka apel ini dapat membantu merangsang fungsi detoksifikasi hati.

Membantu menyembuhkan asam urat

Selain untuk mengobati beberapa penyakit yang telah disebutkan di atas, kandungan kalium yang ada pada cuka apel tahesta juga dapat menyembuhkan asam urat. Kandungan kalium yang terdapat pada cuka dapat membantu menghancurkan purin pada sendi. Purin yang mengendap pada sendi inilah yang menyebabkan asam urat, dengan pecahnya purin pada sendi dapat membuat sendi menjadi lebih lentuk dan asam urat pada tubuh dapat berkurang.

Mengobati sakit maag

Jika kita mendengar sakit maag tentu saja identic dengan pelarangan terhadap jenis makanan dan minuman yang mempunyai rasa masam. Cuka apel tahesta merupakan jenis bahan makanan yang mempunyai rasa masam, akan tetapi rasa masam yang ada pada cuka apel ini hanya berasa di mulut saja. Jika sudah masuk ke dalam tubuh manusia, rasa cuka apel yang asam akan berubah menjadi basa. Cuka apel tahesta yang asam mengandung enzim hidroklorida dan untuk mengobati sakit maag dengan mengkonsumsinya dengan dosis yang rendah dan mencampurkan dengan air hangat maka sakit maag akan segera berkurang.

Ternyata banyak sekali manfaat dan khasiat yang diperoleh dari cuka apel tahesta untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itulah mulai sekarang tidak perlu ragu untuk mengkonsumsi cuka apel tahesta demi kesehatan tubuh.

 

Manfaat dan Khasiat Cuka Apel Tahesta untuk Kesehatan | Rahmad Mustofa | 4.5