Manfaat dan Khasiat Daun Afrika

Jika kita mendengar nama daun afrika pasti terasa asing dan bahkan tidak tau apa itu daun afrika. Memang jenis daun yang satu ini tidak cukup dikenal di lingkungan masyarakat Indonesia. Jika namanya saja tidak terkenal di masyarakat, apalagi manfaat dan khasiat dari daun afrika ini pastilah jarang sekali masyarakat yang mengetahui. Belum banyak wilayah negara yang memanfaatkan khasiat dari daun ini.

Manfaat dan Khasiat Daun Afrika

Belum ada penelitian yang menunjukkan dari mana asal usul dari daun afrika. Negara yang saat ini sudah mengembangkan dan memanfaatkan daun afrika ini adalah China. Sudah lama negara tirai bambu ini memanfaatkan daun afrika untuk mengobati beberapa penyakit yang mungkin belum banyak yang mengetahui kegunaan dari daun ini.

Walaupun belum banyak yang mengetahui bagaimana daun afrika dan apa manfaat dari daun ini, sebenarnya daun afrika sudah banyak tumbuh di wilayah negara yang beriklim tropis. Dengan jumlah curah hujan yang tinggi serta adanya cahaya matahari yang bersinar setiap tahun, membuat berbagai macam tanaman herbal dapat tumbuh di wilayah negara tropis termasuk daun afrika.

Daun afrika tidak hanya tumbuh di wilayah dengan iklim tropis, tetapi juga di wilayah dengan iklim sub tropis. Daun afrika mudah untuk dikembangbiakkan di iklim tropis maupun sub tropis yaitu dengan menggunakan metode stek batang. Metode penanaman stek batang yaitu dengan memotong bagian ranting pohon yang sudah tua kemudian menanamnya pada tanah yang gembur. Setelah itu tinggal menunggu sekitar 2-3 sampai muncul tunas.

Daun afrika mempunyai bentuk kecil, permukaan kasar dan berbunga kecil-kecil berwarna putih. Bagian dari daun afrika yang sering dimanfaatkan untuk pengobatan adalah bagian daunnya.

Di negara China, yang memang sudah mengenal tanaman ini tidak hanya memanfaatkan daunnya saja tetapi juga bagian bunga untuk obat herbal. Daun afrika mengandung berbagai macam senyawa diantaranya yait asam lemak, asam esensial, vernodalol, asam fenolat dan mineral.

Perlu adanya pengetahuan lebih mengenai apa itu daun afrika dan manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari tanaman ini. Berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat yang akan kita dapatkan dari daun afrika

Mengatur kandungan gula dalam darah

Kandungan gula dalam darah sudah ada yang mengatur, yaitu enzim insulin. Organ tubuh yang mengatur pengeluaran enzim ini adalah pancreas, jika terjadi kerusakan atau penurunan fungsi dari organ ini tidak menutup kemungkinan tidak dapat menghasilkan enzim insulin sehingga kadar gula dalam darah bisa meningkat. Untuk anda yang sudah mengalami penurunan fungsi pancreas dan mempunyai kadar gula darah tinggi, tidak perlu khawatir karena saat ini sudah ada ramuan herbal yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah yaitu daun afrika. Cara memanfaatkan daun afrika sebagai penurun kadar gula darah dapat dilakukan dengan merebus daun afrika dan tambahkan air hingga menjadi teh daun afrika. Setelah itu minum setiap 2 kali sehari sehingga kadar gula pada darah akan menurun dengan sendirinya.

Mengobati penyakit malaria

Malaria adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh nyamuk. Tidak banyak yang mengetahui bagaimana gejala dari penyakit ini. Penyakit akan terlihat ketika pasien sudah mengalami penurunan nafsu makan dan badan menjadi lemah. Gejala ini dapat disembuhkan dengan daun afrika. Caranya mudah sekali yaitu jemur daun afrika hingga kering dan ambil satu genggam daun afrika yang sudah kering. Masukkan daun afrika yang sudah kering tersebut dan tambahkan 3 gelas air, kemudian rebus hingga mendidih. Jika sudah mendidih, biarkan dingin terlebih dahulu lalu saring agar sarinya tidak ikut terminum. Minum 2 kali sehari dan tambahkan sedikit madu jika rasanya pahit.

Manfaat dan Khasiat Daun Afrika Untuk Kesehatan

Membantu menurunkan berat badan berlebih

Masalah berat badan menjadi salah satu momok yang paling ditakuti oleh manusia. Apalagi bagi wanita jika sudah ada yang bilang “kamu kok gendutan?” tentu saja langsung berpikir dan berusaha dengan berbagai macam cara untuk menurunkan berat badan. Berbagai macam tanaman dan obat herbal dapat dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan, salah satunya dengan daun afrika. Daun afrika dapat membantu menurunkan berat badan dengan memperlancar metabolisme dan pencernaan tubuh. Cara menurunkan berat badan dengan daun afrika ini cukup mudah yaitu dengan meminum teh yang berasal dari daun afrika, dan jangan lupa tetap berolahraga secara teratur agar berat badan tetap stabil.

Mengobati infeksi pada luka

Daun afrika mengandung senyawa yang dapat membuat luka cepat kering agar tidak terjadi infeksi. Selain itu daun ini juga mengandung zat yang dapat menetralkan racun dan infeksi yang ada pada luka. Cara mengobati luka dengan daun afrika ini mudah sekali, yaitu ambil 3-4 lembar daun afrika cuci hingga bersih. Kemudian tumbuk daun afrika yang sudah bersih hingga halus, jika sudah halus oleskan pada bagian tubuh yang luka agar cepat kering dan tidak terjadi infeksi.

Menurunkan kolesterol

Terlalu banyak mengkonsumsi daging dan kacang-kacangan dapat menyebabkan kadar kolesterol dalam tubuh meningkat. Tingginya kolesterol dalam darah sangat tidak baik untuk kesehatan, karena dari tingginya kolesterol ini dapat menyebabkan penyakit jantung, dan terkena serangan stroke. Kadar kolesterol dalam darah dapat diturunkan dengan meminum ramuan dari daun afrika yaitu dengan cara direbus dan diminum secara teratur setiap malam agar kadar kolesterol menurun.

Membersihkan racun dari dalam tubuh

Selain mengandung senyawa yang sudah disebutkan di atas, daun afrika juga mengandung anti toksin yang dapat membersihkan racun dari dalam tubuh. Caranya yaitu dengan mengkonsumsi teh dari daun afrika selama setiap 2 hari sekali agar racun dari dalam tubuh dapat keluar melalui keringat atau buang air.

Mengobati jerawat

Kondisi wajah yang berminyak akan menyebabkan munculnya jerawat yang tentunya dapat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Jika jerawat sudah muncul gunakan masker dari daun afrika. Caranya dengan menumbuk 5-7 lembar daun afrika, kemudian oleskan pada pada wajah sebagai masker. Gunakan secara teratur agar jerawat hilang.

Banyaknya manfaat dari daun afrika memberikan banyak sekali pengobatan untuk berbagai macam penyakit. Tetapi terdapat beberapa efek samping dari daun afrika ini yaitu

  • Terlalu banyak mengkonsumsi daun afrika akan menyebabkan pembengkakan pada kaki dan tangan
  • Menyebabkan gatal-gatal pada kulit, hal ini dapat terjadi karena tubuh merespon jenis minuman baru yan jarang sekali dikonsumsi dan belum dikenal oleh tubuh

Nah ternyata banyak sekali ya yang dapat kita peroleh dari daun afrika walaupun belum banyak masyarakat yang mengetahuinya. Untuk mengurangi efek samping dari daun afrika ini, konsumsi daun afrika dapat dibatasi dan tidak berlebihan. Jadi mulai sekarang jangan ragu untuk mencoba obat herbal untuk menyembuhkan penyakit. Selamat mencoba.

Manfaat dan Khasiat Daun Afrika | Rahmad Mustofa | 4.5