Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi

Siapa yang tidak kenal daun kemangi? Daun yang memiliki bau yang khas dan menyengat ini merupakan tanaman asli Indonesia. Mempunyai nama ilmiah O. basilicum var. anisatum ini mempunyai aroma khas yang berasal dari kandungan zat yang bernama sitrat yang terdapat pada bunga dan daunnya sehingga dari bagian daun kemangi yang paling beraroma adalah daun dan bunga.

Manfaat dan Khasiat Kemangi

Tanaman ini banyak tumbuh di kawasan Asia, terutama di wilayah pulau Jawa. Karena mudah dikembangbiakkan, tanaman kemangi ini dapat ditanam di halaman rumah, di kebun atau sebagai pagar rumah. Asal-usul dari tanaman ini belum dapat diketahui secara detail, yang pasti kemangi ini lebih banyak ditemukan di Asia karena kondisi iklim yang memungkinkan untuk tumbuh.

Kemangi merupakan tumbuhan yang berbentuk perdu dan tingginya sekitar 90-100 cm. Daunnya kecil-kecil, berbentuk oval, berujung runcing dan bertekstur kasar. Bunga kemangi tersusun di ujung batang dan tegak dan sebelum rontok, kelopak bunganya berwarna putih kecil-kecil.

Cara membudidayakan tanaman ini cukup mudah yaitu dengan menyebarkan biji yang terdapat pada bunga kemangi yang sudah tua. Bunga kemangi yang sudah tua akan berubah warna menjadi coklat.

Jika anda menemukan bunga kemangi yang sudah berwarna coklat itu berarti biji yang ada di dalamnya sudah siap untuk disebar atau disemaikan. Akan lebih baik jika disemaikan pada tanah yang mempunyai kandungan air cukup sehingga kemangi akan mudah tumbuh dan berkembang.

Bagian dari kemangi yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat adalah bagian daun. Daun kemangi sering dimanfaatkan sebagai lalapan sebagai pendamping makanan yang identic dengan sambal seperti penyetan baik penyetan ayam, lele maupun bebek.

Selain sebagai lalapan, daun kemangi juga digunakan sebagai campuran pepes ikan atau pindang. Yaitu dengan mencampurkan daun kemangi pada campuran bahan-bahan untuk pepes ikan yang tentunya juga akan menambah cita rasa makanan. Memang sudah sejak dulu, daun kemangi digunakan untuk sebagai pelengkap makan dan penambah cita rasa dan aroma masakan.

Daun kemangi mengandung berbagai macam mineral dan vitamin diantaranya vitamin A, B, C, mineral, sitrat, anetol, betakaroten serta tripofan. Berbagai macam kandungan yang ada pada daun kemangi ini memberikan berbagai macam manfaat yang baik untuk tubuh. Pada artikel ini akan dijelaskan beberapa manfaat dari daun kemangi diantaranya yaitu

Mengurangi bau badan tak sedap

Sudah tidak menjadi rahasia lagi bahwa kandungan sitrat yang ada pada daun kemangi dapat menetralisir bau badan yang dihasilkan oleh tubuh kita. Untuk itulah jika mempunyai bau badan berlebih, lebih baik mengkonsumsi daun kemangi agar bau badan tersebut dapat berkurang.

Mencegah munculnya jerawat

Sebelum jerawat muncul akan lebih baik jika dilakukan upaya pencegahan terlebih dahulu. Menurut penelitian, daun kemangi dapat mengatasi munculnya jerawat juga dapat mempercepat penyembuhan jerawat. Minyak yang berasal dari daun kemangi dapat membantu membantu membuka pori-pori yang menyebabkan jerawat sehingga jerawat tidak akan muncul di wajah. Daun kemangi juga mengandung zat anti bakteri yang dapat mencegah radang pada jerawat. Antiseptic yang ada pada jerawat dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Sebagai asupan mineral bagi tubuh

Asupan mineral bagi tubuh tidak hanya dapat kita peroleh dari air putih saja, akan tetapi kita juga dapat memperoleh asupan mineral dari daun kemangi. Daun kemangi mengandung beberapa mineral seperti magnesium, mangan dan kalium. Kandungan magnesium pada kemangi dapat memperkuat tulang dan membantu pembentukan tulang, mangan dalam tubuh dapat menghasilkan antioksidan yang baik untuk memperlancar metabolism dalam tubuh. Sedangkan kalium dapat mengatur tekanan darah dalam tubuh. Warna hijau pada daun kemangi juga menandakan bahwa daun kemangi juga mengandung zat besi yang berfungsi untuk membentuk hemoglobin atau zat warna merah pada darah.

Manfaat dan Khasiat Kemangi

Menurunkan demam

Demam merupakan kondisi suhu tubuh yang lebih tinggi dari suhu normal. Perlu diketahui bahwa daun kemangi ini juga dapat membantu menurunkan demam. Kandungan fitonutrien dan minyak penyembuhan yang ada pada daun kemangi dapat menyembuhkan demam. Untuk menyembuhkan demam cukup merebus daun kemangi yang sebelumnya sudah dihaluskan terlebih dahulu. Tambahkan sedikit teh lalu diminum. Jika suhu demam sudah tinggi, rebusan daun kemangi dapat ditambahkan dengan gula, susu dan kapulaga agar dapat menurunkan demam dengan cepat.

Mencegah penyakit mata

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa daun kemangi ini juga mengandung betakaroten. Kandungan betakaroten ini baik sekali untuk mata. Senyawa karotenoid ini mempunyai manfaat menyaring sinar UV ketika memasuki mata. Sehingga mata dapat terlindungi dari bahaya sinar UV yang dapat merusak mata.

Mengobati sariawan

Sariawan merupakan suatu penyakit yang dikarenakan tubuh kita kekurangan vitamin C. Salah satu obat dari alam yang dapat menyembuhkan sariawan adalah dengan daun kemangi. Cara pengobatannyapun mudah sekali yaitu dengan mencuci daun kemangi sampai bersih, jika sudah bersih kita tinggal mengunyah daun kemangi tersebut selama kurang lebih 5 menit. Lakukan selama 2 kali sehari agar sariawan pada mulut segera sembuh.

Mencegah timbulnya komedo

Komedo juga menjadi salah permasalahan pada wajah yang dapat mengurangi penampilan dan rasa percaya diri pada seseorang. Mengilangkan dan mencegah timbulnya komedo kembali dapat dilakukan dengan daun kemangi dan caranya mudah sekali. Caranya ambil daun kemangi dan cucilah daun kemangi tersebut hingga bersih. Jika sudah bersih, haluskan daun kemangi. Oleskan daun kemangi yang sudah halus pada area wajah yang berjerawat. Diamkan selama 15 menit agar kandungan pada daun kemangi meresap ke area kulit secara efektif. Kemudian bilas wajah dengan menggunakan air bersih. Daun kemangi juga dapat membantu kulit tampak lebih bersih.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Kandungan antibakteri yang ada pada daun kemangi dapat membersihkan gigi dan mulut dari bakteri. Manfaat antibakteri ini adalah membantu menjaga kesehatan gigi dan memperkuat gusi.

Berbagai kandungan gizi dan senyawa yang ada pada kemangi dapat membantu menyembuhkan dan mencegah terjadinya penyakit. Akan tetapi mengkonsumsi daun kemangi berlebihan juga tidak baik untuk tubuh. Kandungan minyak esensial pada daun kemangi dapat mengakibatkan sakit kepala. Menurut penelitian, mengkonsumsi daun kemangi secara berlebihan dapat beresiko turunnya tingkat kesuburan pada wanita. Oleh karena itulah, bagi ibu hamil disarankan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi daun kemangi.

Walaupun efek samping yang dihasilkan dari mengkonsumsi daun kemangi tidak terlalu banyak, alangkah lebih baik jika mengkonsumsi daun kemangi sesuai dengan porsinya. Untuk menjaga kesegaran daun kemangi yang sudah dipetik, simpan daun kemangi pada lemari es dan pada suhu yang sejuk agar daun tersebut tetap segar ketika akan dikonsumsi.

Jadi sudah tau kan apa saja manfaat dan khasiat dari daun kemangi? Silakan mencoba dan ingat jangan berlebihan dalam mengkonsumsi suatu makanan, apapun jenis makanan itu agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi | Rahmad Mustofa | 4.5