Manfaat dan Khasiat Daun Pecah Beling Bagi Kesehatan

Bahan alami memang lebih memiliki khasiat dan manfaat yang aman untuk mengobati segala macam penyakit yang anda keluhkan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya obat herbal yang menggunakan bahan dasar tumbuhan alami yang biasanya mudah untuk didapatkan dan berada disekitar anda. salah satu tumbuhan alami yang dapat dijadikan sebagai alami dan memiliki manfaat dan khasiat yang baik dan aman unntuk kesehatan tubuh adalah daun pecah beling.

Manfaat dan Khasiat Daun Pecah Beling Bagi Kesehatan

Apa itu tanaman pecah Beling?

Tanaman pecah beling adalah tanaman yang tergolong dalam jenis tanaman pagar hidup. Daun pecah beling memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan karena banyak sekali senyawa alami yang terkandung didalamnya. Mungkin sebagian besar dari anda mengetahui jenis tanaman ini. Tanaman yang tergolong sebagai jenis tanaman pagar ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Batangnya memiliki bentuk bulat dengan pepagan warna abu-abu
  • Merupakan tumbuhan perdu yang memiliki ruas dan mempunyai banyak cabang,
  • Memiliki ketinggian rata-rata sekitar 2 meter
  • Memiliki daun dengan permukaan lixi dan mengkilap, bagian tepi daun bergerigi
  • Bunga tanaman pecah beling ini seperti corong yang berbentuk gelonding dengan memiliki biji kecil berwarna cokelat.

Kandungan Zat atau Senyawa dalam Daun Pecah Beling

Jika dilihat dari beberapa sumber daun pecah beling memiliki kandungan sebagai berikut ini:

Kalsium

Kalsium yang ada pada daun pecah beling bermanfaat untuk membantu proses pembentukan tulang gigi dan juga berperan dalam proses pembekuan darah, transmisi sinyal pada sel saraf, dan kontraksi otot. Kalsium juga bermanfaat dalam mencegah terjadinya osteoporosis.

Vitamin B1

Kandungan vitamin B1 pada daun pecah beling berguna dalam membantu proses metabolisme tubuh.

Vitamin B2

Vitamin B2 memiliki manfaat dalam membantu membakar karbohidrat, lemak dan protein yang ada di dalam tubuh.

Vitamin C

Vitamin C yang ada pada daun pecah beling memiliki khasiat untuk menangkal berbagai macam penyakit. Vitamin C mengandung anti oksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

Tannin

Tanin yang terkandung dalam daun pecah beling menyebabkan rasa pahit dan kelat. Zat ini dapat bereaksi dengan protein yang menggumpal atau berbagai macam senyawa organik seperti alkaloid dan asam amino.

Fosforus

Fofor memliki manfaat sebagai penopang kesehatan gigi, otak, tulang, hingga metabolisme sel-sel yang ada di dalam tubuh.

Ferum

Kandungan ferum di daun pecah beling sangat diperlukan untuk memproduksi hemoglobin dan komponen sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Glikosida

Glikosida yang ada pada daun pecah beling memiliki manfaat sebagai obat jantung, sembelit, analgetikum yang berfungsi sebagai penghilang rasa nyeri.

Natrium

Kandungan natrium pada daun pecah beling memiliki peranan penting untuk mengatur keseimbangan cairan ekstraseluler atau cairan yang mengelilingi sel dalam tubuh.

Kalium

Sedangkan untuk kalium memiliki manfaat untuk mengatur keseimbangan cairan intraseluler yakni cairan yang ada di dalam sel tubuh.

Manfaat dan Khasiat Daun Pecah Beling Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Pecah Beling bagi Kesehatan

Mengatasi batu ginjal dan batu empedu

Batu ginjal terbentuk ketika urin memiliki konsentrasi yang membuat mineral mengkristal dan menggumpal. Batu ginjal juga dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Bagi anda yang sedang menderita penyakit batu ginjal, anda dapat menggunakan daun pecah beling untuk dikonsumsi sebagai obat herbal alami.

Kandungan kalium yang ada di dalam daun pecah beling dapat menyebabkan diuretik yang bisa melarutkan batu ginjal ataupun batu empedu yang terbentuk dari garam kalsium oksalat yang ada dalam kantung kemih, kantung empedu, dan ginjal. Untuk penderita gastritis sebaiknya tidak meminum ramuan dari daun pecah beling ini.

Mengobati Penyakit Kanker

Manfaat dari daun pecah beling selanjutnya adalah berkhasiat dalam membantu dalam proses penyembuhan dan pencegahan penyakit kanker. Daun pecah beling dapat dijadikan sebagai obat tradisional untuk menghilangkan racun dan sel-sel kanker sehingga kanker dapat diatasi dengan alami dan aman. Nmaun, jika penyakit kanker sudah parah anda dapat melakukan pemeriksaan secara medis karena daun pecah beling merupakan obat tradisional yang berupa minuman untuk mengurangi rasa nyeri pada kanker dan membantu mencegah kanker.

Mengobati Ambeien

Ambeien terjadi karena adanya peradangan atau pembangkakan pada pembuluh darah di sekitar anus dan rectum bagian bawah. anda dapat memanfaatkan daun pecah beling untuk dijadikan sebagai obat tradisional dengan cara menjadikannya sebagai air rebusan daun pecahan beling. Anda dapat menggunakan cara sebagai berikut ini:

Siapkan 3 lembar daun pecah beling yang masih segar

Rebus dengan menggunakan air bersih sebanyak 2 gelas

Rebus air hingga mendidih sekitar ½ jam

Saring air rebusan daun pecah beling, lalu minum setelah dingin.

Mengobati Penyakit Liver

Daun pecah beling juga memiliki khasiat dan manfaat untuk menyembuhkan penyakit kuning atau penyakit liver. penyakit liver membuat kulit kita menjadi berwarna kuning yang disebabkan oleh gejala yang mempengaruhi fungsi dari hati dan empedu yang membuat cairan dalam hati dan empedu tidak dapat masuk dalam usus, akan tetapi masuk ke dalam darah dan keluar lewat kencing.

Mengobati Kencing Manis atau Diabetes

Adanya gangguan pada sistem metabolisme karbohidrat yang disebabkan oleh pancreas yang tidak dapat menguraikan insulin untuk mengubah gula darah menjadi energi atau tidak dapat memproduksi insulin dengan cukup dapat menyebabkan terjadinya penyakit diabetes atau biasa disebut kencing manis. Daun pecah beling ternyata dapat menyembuhkan penyakit diabetes atau kencing manis dengan cara berikut ini:

Siapkan 3 lembar daun pecah beling yang masih segar

Rebus dengan mnggunakan 2 gelas air

Rebus air hingga daun pecah beling layu dan air tersisa 1 gelas

Saring air rebusan dan minum selagi air masih hangat.

Konsumsi ramuan ini secara rutin untuk hasil yang maksimal dan diabetes dapat disembuhkan.

Mencegah Kolesterol

Penyakit berbahaya lainnya adalah kolesterol yang dapat mengganggu kesehatan tubuh anda. Bagi anda yang memiliki penyakit kolesterol anda dapat mencoba daun pecah bening untuk menyembuhkanya. Daun pecah bening dianggap bisa menyembuhkan kolesterol jahat yang menjadi penyebab timbulnya penyakit.

Mengatasi Disentri, Diare dan Sembelit

Penyakit disentri merupakan salah satu masalah infeksi pada usus yang dapat menyebabkan diare yang disertasi lendir atau darah. Sembelit adalah penyakit susah buang air besar sedangkan diare merupakan penyakit sering buang air besar yang mencair dan biasanya terjadi secara terus-menerus. Untuk mengatasi masalah ini anda dapat menggunakan daun pecang beling yang memiliki banyak manfaat dan khasiat. Berikut ini cara membuatnya:

  • Siapkan 3 lembar daun pecah beling
  • Siapkan air bersih sebanyak 2 gelas
  • Rebus daun pecah beling bersama dengan 2 gelas air hingga mendidih.
  • Saring air rebusan, minum selagi hangat

Anda dapat mengkonsumsi ramuan daun pecah beling ini secara teratur 2 kali sehari antara pagi dan sore hari hingga penyakit disentri, diare, dan sembelit mereda.

Itulah beberapa khasiat dan manfaat daun pecah beling serta kandungan yang ada didalamnya. semoga bermnafaat.

 

 

Manfaat dan Khasiat Daun Pecah Beling Bagi Kesehatan | Rahmad Mustofa | 4.5