Manfaat dan Khasiat Daun Sintrong Bagi Tubuh

Sintrong adalah tumbuhan suku Asteraceae. Sintrong memiliki nama ilmiah yaitu Crassocephalum crepidioides dan Crassocephalum aurantiaca. Tanaman sintrong berasal dari Benua Afrika yang memiliki iklim tropis, kemudian menyebar ke Benua Asia yang beriklim tropis. Pada tahun 1926 tepatnya di Medan, kota pertama tanaman sintrong di temukan di Indonesia. Lalu, tanaman ini menyebar ke pulau Jawa dan tersebar keseluruh Indonesia.

Tumbuhan sintrong biasanya tumbuh di persawahan, pekarangan, tepi jalan, tepi sungai dan lahan-lahan terlantar. Tanaman ini sering dianggap sebagai gulma atau tumbuhan pengganggu, namun tanaman ini relatif sangat mudah untuk diatasi. Sintrong dapat tumbuh di ketinggian 200 meter diatas permukaan laut.

Manfaat Dan Khasiat Daun Sintrong

Sintrong memiliki batang lunak yang beralur-alur dangkal. Tumbuhan sintrong adalah salah satu tumbuhan terna (berbatang lunak dan tidak membentuk kayu), tegak, dan tingginya sekitar 1 meter. Sintrong memiliki bau yang khas aromatis apabila diremas-remas. Daun sintrong memiliki helaian daun yang jorong memanjang menyerupai bulat telur terbalik dengan ukuran kira-kira 8-20 x 3-6 cm, pangkal daunnya menyempit, ditengah lebar dan ujungnya runcing, bertepi rata, dan berlekuk menyirip, bergerigi kasar dan runcing.

Tanaman sintrong memiliki bonggol bunga yang berwarna hijau, dan ujungnya memiliki warna jingga coklat hingga merah bata, dan bunganya berbentuk silindris. Bunga sintrong memiliki mahkota berwarna kuning dan ujungnya berwarna merah kecoklatan. Sedangkan buahnya sangat keras ramping memanjang menyerupai gelendong berusuk 10 dengan panjang 2,5 mm dan terdapat rambut seperti sikat berwarna putih.

Tahukah Anda tanaman sintrong yang sering dianggap sebagai gulma ini dapat dimanfaatkan sebagai sayuran dan merupakan obat herbal alami? Nah, dalam artikel ini saya akan mengulas lebih dalam lagi mengenai kandungan-kandungan senyawa aktif di dalam daun sintrong, manfaat daun sintrong bagi kesehatan dan efek samping yang ditimbulkan apabila Anda mengonsumsi daun sintrong.

Kandungan Daun Sintrong

Daun sintong memiliki kandungan zat kimia seperti flavonoida, polifenol, dan saponin. Polifenol dan flavonoid merupakan antioksidan yang berfungsi untuk menetralisir radikal bebas sehingga efek kerusakan pada sel-sel jaringan tubuh dapat diminimalisir. Sedangkan saponin yang terkandung dalam daun sintrong adalah glikosida komplek (senyawa hasil kondensasi gula dengan hidroksil organik yang akan menghasilkan gula (glikon) dan no gula (aglikon)).

Saponin terdiri menjadi 2 kelompok, yaitu saponin triterpenoid dan saponin steroid. Saponin dapat digunakan sebagai lerak atau klerek yang merupakan bahan untuk mencuci kain terutama kain batik serta dapat digunakan menjadi bahan shampo.

Daun sintrong juga dapat dijadikan sayuran untuk lalapan, mayarakat di Jawa Barat sangat menggemari daun sintrong sebagai sayuran dan lalapan.

Manfaat Dan Khasiat Daun Sintrong UntuK Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Daun Sintrong bagi Kesehatan

Daun sintrong memiliki manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat yang terkandung dalam daun sintrong:

Mengurangi batuk berdahak 

Salah satu manfaat daun sintrong adalah dapat menyembuhkan batuk berdahak. Daun sintrong mengandung efek tonikum yang dapat mengurangi batuk berdahak.

Mencegah dan mengatasi peradangan atau pembengkakan 

Peradangan dalam tubuh sering kali dialami oleh seseorang. Peradangan ditandai dengan pembengkakan yang terjadi di beberapa bagian tubuh. Daun sintrong memiliki khasiat untuk mencegah peradangan. Daun sintrong memiliki kandungan anti-inflamasi yang dapat menyembuhkan peradangan atau pembengkakan.

Menurunkan demam 

Daun sintrong memiliki manfaat untuk menurunkan demam. Karena mengandung sifat anti piretik sehingga daun sintrong ini sangat ampuh untuk dijadikan obat herbal dalam menurunkan demam.

Melancarkan Sistem pencernaan 

Daun sintrong merupakan tumbuhan yang kaya akan serat. Daun sintrong dapat dikonsumsi secara langsung menjadi lalapan atau dijadikan sayuran. Dengan mengonsumsi daun singkong menjadi sayuran dapat membantu melancarkan sistem pencernaan Anda.

Menjadi Antibiotik 

Antibiotik merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengusir bakteri penyebab penyakit. Daun sintrong memiliki kandungan antibiotik yang dapat membantu Anda untuk mengusir bakteri yang dapat menyebabkan munculnya penyakit.

Melancarkan sistem peredaran darah 

Daun sintrong memiliki khasiat untuk melancarkan sistem peredaran darah. Dengan mengonsumsi daun sintrong dapat mencegah tersumbatnya pembuluh darah sehingga mampu mengalirkan darah dari tubuh ke jantung dengan baik.

Mengobati penyakit Maag 

Maag adalah penyakit yang disebabkan oleh gangguan lambung. Gangguna lambung ini yang dapat menimbukan mual dan muntah bagi penderitanya. Karena asam lambung yang tinggi dapat mengakibatkan gangguan lambung sehingga timbul mual dan muntah. Dengan mengonsumsi daun sintrong dipercaya dapat mengurangi gejala mual dan muntah bahkan juga dapat mengobati maag secara perlahan-lahan.

Memberikan Asupan Vitamin B Kompleks pada Tubuh 

Tubuh kita membutuhkan asupan vitamin B kompleks yang harus didapatkan tubuh dari luar. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B kompleks sangat diperlukan untuk menjaga kekebalan tubuh Anda. Salah satu tumbuhan yang memiliki kandungan vitamin B kompleks adalah daun sintrong. Dengan mengonsumsi daun sintrong dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Mencegah Bau Badan 

Daun sintrong dapat menyerap bau badan dan mampu menghambat produksi kelenjar keringat yang menyebabkan bau badan. Dengan mengonsumsi daun sintrong sebagai sayuran dipercaya dapat mencegah bau badan.

Menurunkan Berat Badan

Daun sintrong sangat efektif untuk digunakan sebagai diet. Daun sintrong adalah tumbuhan sebagai sayuran yang mempunyai nutrisi tinggi. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena daun sintrong tidak memasok lemak pada tubuh. Jadi, tidak masalah apabila Anda ingin mengonsumsi daun sintrong dengan jumlah yang banyak. Nah, mengonsumsi daun sintrong dipercaya dapat menurunkan dan mengatasi masalah berat badan yang Anda alami.

Cara Penggunaan atau Pengolahan Daun Sintrong

Pengolahan daun sintrong dengan cara direbus:

  • Siapkan 5 sampai 8 lembar daun sintrong
  • Cuci daun sintrong hingga bersih
  • Siapkan 2 gelas air
  • Kemudian rebus daun sintrong dengan air secara bersamaan
  • Tambahkan sedikit garam
  • Tunggu hingga mendidih dan airnya tersisa 1 gelas saja
  • Diamkan air rebusan daun sintrong hingga hangat
  • Kemudian, ramuan daun sintrong siap untuk diminum.

Pengolahan daun sintrong sebagai lalapan mentah atau sayuran merupakan cara praktis yang dapat Anda lakukan dirumah. Anda dapat langsung menjadikan daun sintrong sebagai lalapan mentah dan dapat mengolah menjadi sayuran yang Anda sukai.

Efek Samping Penggunaan Daun Sintrong

Selain memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan, daun sintrong juga memiliki kandungan alkaloida pirolizina yang merupakan senyawa pemicu tumor, kanker hingga kerusakan pada hati. Oleh sebab itu, agar terhindar dari efek samping yang ditimbulkan oleh daun sintrong, konsumsi daun sintrong secara wajar dan tidak berlebihan.

Demikianlah informasi mengenai Manfaat dan Khasiat dari Daun Sintrong bagi kesehatan. Diharapkan informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan. Semoga daun sintrong menjadi solusi terbaik dari masalah kesehatan yang Anda alami. Selamat mencoba.

Manfaat dan Khasiat Daun Sintrong Bagi Tubuh | Rahmad Mustofa | 4.5