Manfaat dan Khasiat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh

Jahe atau zingiber officinale adalah salah satu tanaman yang biasanya digunakan untuk rempah-rempah atau bumbu masak. Namun, berdasarkan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, banyak pihak yang telah menemukan manfaat dan khasiat jahe untuk bidang kesehatan. Hal tersebut dikarenakan kandungan senyawa di dalam jahe seperti gingerol, zingeron, fosfor, kalsium, energi, protein, zingeron, dll. Berikut ini adalah sedikit ulasan mengenai beberapa manfaat dan khasiat jahe dalam bidang kesehatan.

Manfaat dan Khasiat Jahe Untuk Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Jahe

Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat dan khasiat jahe yang pertama adalah melancarkan peredaran darah. Hal tersebut dikarenakan kandungan gingerol pada jahe yang bersifat antikoagulen atau dapat mencegah penggumpalan darah. Dengan peredaran darah yang lancar, maka tubuh akan terhindar dari berbagai macam penyakit seperti stroke dan serangan jantung.

Menyembuhan Sakit Perut

Manfaat dan khasiat jahe yang kedua adalah menyembuhkan sakit perut. Hal tersebut dikarenakan jahe memiliki sifat analgesik atau obat penahan sakit. Cara untuk menyembuhkan sakit perut dengan jahe adalah dengan merebusnya di dalam air mendidih kemudian tambahkan beberapa sendok madu lalu minum.

Meredakan Migrain Atau Sakit Kepala

Manfaat dan khasiat jahe yang ketiga adalah meredakan dan mengobati migrain atau sakit kepala. Berdasarkan penelitian, kandungan senyawa kimia di dalam jahe mampu untuk menghentikan prostaglandin atau salah satu penyebab sakit kepala.

Menyembuhkan Demam dan Batuk

Manfaat dan khasiat jahe yang keempat adalah meredakan dan menyembuhkan demam dan batuk. Selain bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, kandungan gingerol pada jahe juga ampuh untuk meredakan dan menyembuhkan demam dan batuk.

Mencegah Perut Buncit

Manfaat dan khasiat jahe yang kelima adalah mencegah perut buncit. Dengan mengonsumsi jahe secara rutin maka metabolisme dan perncernaan menjadi lancar. Apabila metabolisme dan pencernaan lancar maka akan meningkatkan proses pembakaran kalori dan lemak yang menumpuk di dalam perut. Sehingga dengan mengonsumsi jahe secara rutin dapat mengencilkan purit yang buncit karena tumpukan lemak.

Mengobati Sakit Gigi

Manfaat dan khasiat jahe yang keenam adalah mengobati sakit gigi. Bagi anda yang mengalami sakit gigi yang tak kunjung sembuh, dianjurkan untuk mengonsumsi jahe dalam bentuk minuman. Hal tersebut dikarenakan jahe memiliki sifat antijamur dan antibakteri, sehingga semua bakteri yang ada di gigi dapat dapat diminimalisir. Apabila dengan mengonsumsi jahe tetapi sakit gigi anda belum kunjung sembuh, anda dapat mencoba untuk mengaplikasikan jahe pada gigi dengan cara di gosok-gosokan.

Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat dan khasaiat jahe yang ketujuh adalah mencegah penyakit kanker. Jahe adalah salah satu rempah-rempah yang dikenal memiliki kemampuan untuk mencegah kanker. Berdasarkan penelitian seseorang yang mengonsumsi jahe memiliki kemungkinan terkena kanker yang lebih kecil dibandingkan dengan seseorang yang tidak mengonsumsi jahe. Hal tersebut dikarenakan jahe memiliki kandungan senyawa yang mampu untuk menghancurkan sel-sel kanker ovarium dan kanker usus besar.

Mengobati Jerawat

Manfaat dan khasiat jahe yang kedelapan adalah mengobati jerawat. Hal tersebut dikarenakan jahe memiliki sifat antibakteri dan antijamur, sehingga bakteri penyebab jerawat dapat dihancurkan. Untuk mengobati jerawat, anda dianjurkan untuk mengonsumsi jahe maksimal 4 gram sehari. Sebaiknya anda tidak mengonsumsi jahe secara berlebihan karena dapat menyebabkan sakit perut. Pasalnya jahe memiliki kandungan capsaicin dan senyawa keton bernama zingeron yang menciptakan rasa pedas dan panas.

Mengangkal Radikal Bebas

Manfaat dan khasiat jahe yang kesembilan adalah menangkal radikal bebas. Hal tersebut dikarenakan jahe memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, sehingga mampu untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh.

Meredakan Peradangan

Manfaat dan khasiat jahe yang kesepuluh adalah meredakan peradangan. Hal tersebut dikarenakan jahe memiliki sifat anti inflamasi diambah dengan senyawa gingerol yang terkandung di dalamnya mampu untuk mengobati peradangan.

Menyebuhkan Penyakit Arthritis

Manfaat dan khasiat jahe yang kesebelas adalah menyembuhkan penyakit arthritis. Penyakit arthritis adalah penyakit kronis yang menyebabkan pembengkakan dan kekakuan pada sendi sehingga sulit untuk bergerak. Jahe adalah salah satu bahan yang dapat menyembuhkan penyakit arthritis dan osteoarthritis. Hal tersebut dikarenakan kandungan senyawa pada jahe mampu untuk mengambat COX yang merupakan salah satu bahan kimia yang menyebabkan munculnya peradangan. Mengonsumsi jahe untuk mengobati penyakit arthritis akan menghindarkan anda dari efek samping yang dapat ditimbulkan dari obat-obatan berbahan dasar kimia.

Manfaat dan Khasiat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh

Meredakan Infeksi

Manfaat dan khasiat jahe yang selanjutnya adalah dapat meredakan infeksi. Hal tersebut dikarenakan kandungan senyawa gingerol dan zat bioaktif yang dapat membunuh bakteri penyebab peradangan.

Mengatasi Hidung Tersumbat

Manfaat dan khasiat jahe yang ketigabelas adalah mengtasi hidung tersumbat. Hal tersebut dikarenakan kandungan capsaicin dan zingeron di dalam jahe. Senyawa capsaicin dan zingeron tersebut memberikan rasa pedas dan panas saat mengonsumsi jahe, sehingga hidung yang tersumbat akan sembuh dengan kehadiran rasa pedas tersebut.

Mengobati Luka Gigitan Ular

Manfaat dan khasiat jahe yang keempatbelas adalah mengobati luka akibat gigitan ular. Hal tersebut dikarenakan jahe mengandung zat besi yang dapat meningakatkan produksi sel-sel darah merah, sehingga racun yang berasal dari ular dapat dikeluarkan. Cara untuk mengobati luka gigitan ular dengan jahe adalah sebagai berikut.

  • Siapkan dua jari jahe dan satu sendok teh garam dapur
  • Cuci jahe sampai bersih kemudian tumbuk hingga halus
  • Campurkan jahe yang telah ditumbuk tersebut dengan garam
  • Tempelkan campuran jahe dan garam tersebut pada luka gigitan ular
  • Pengobatan dengan jahe ini hanyalah untuk pertolongan pertama, seseorang yang mengalami gigitan ular harus dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang lebih lanjut.

Mendetok Kotoran yang Berada di Dalam Tubuh

Manfaat dan khasiat jahe yang kelimabelas adalah mendetok kotoran yang berada di dalam tubuh. Apabila anda mengonsumsi jahe terutama dalam bentuk minuman hangat, pasti tubuh akan merasa panas dan berkeringat. Keringat yang dikeluarkan tubuh saat mengonsumsi minuman jahe tersebut sebenarnya adalah kotoran yang mengendap di dalam tubuh.

Meningkatkan Masa Otot

Manfaat dan khasiat jahe yang keenambelas atau yang terakhir adalah dapat meningkatkan masa otot. Bagi anda yang menginginkan untuk memiliki tubuh yang bugar dan atletis, sebaiknya anda mengonsumsi jahe secara rutin. Hal tersebut dikarenakan jahe memiliki kandungan yang bersifat inklamasi atau dapat membangun otot pada tubuh.

Cara untuk membuat wedang jahe

Wedang jahe adalah salah satu minuman yang berbahan dasar jahe yang biasanya digunakan untuk menghangatkan tubuh pada saat turun hujan. Berikut ini adalah cara untuk membuat wedang jahe

  • Siapkan dua jari jahe, satu gelas air bersih, dan dua sendok makan madu
  • Kupas jahe kemudian cuci hingga bersih lalu potong kecil-kecil
  • Masukkan air ke dalam panci kemudian masak sampai mendidih
  • Masukkan potongan jahe dan madu ke dalam air
  • Tunggu beberapa menit, kemudian tuang ke dalam gelas
  • Wedang jahe telah siap untuk dikonsumsi.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai beberapa manfaat jahe untuk kesehatan. Semoga artikel dengan judul manfaat dan khasiat jahe untuk kesehatan ini dapat membantu anda untuk lebih memahami amnfaat dan khasiat dari jahe untuk kesehatan.

Manfaat dan Khasiat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh | Rahmad Mustofa | 4.5