Manfaat dan Khasiat Madu Untuk Ibu Hamil

Kehamilan adalah suatu anugerah yang diberikan tuhan kepada setiap wanita di dunia ini. Untuk itu, setiap ibu hamil harus menjaga janin yang tumbuh di dalam kandungannya. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak nutrisi dan vitamin.

Manfaat dan Khasiat Madu Untuk Ibu Hamil Agar Sehat

Madu merupakan salah satu suplemen yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Madu adalah cairan yang dihasilkan oleh lebah atau hewan lain yang mengonsumsi nektar bunga. Walaupun madu sama-sama memiliki rasa yang manis layaknya gula, tetapi manfaat dan khasiat yang diberikan pada tubuh ibu hamil adalah suatu hal yang sangat jauh berbeda. Berbeda dengan gula yang dapat menyebabkan diabetes apabila dikonsumsi ibu hamil dalam jumlah berlebihan, madu adalah bahan pemanis yang dapat membantu perkembangan dan pertumbuhan janin di dalam perut.

Madu mengandung banyak zat yang bermanfaat bagi perkembangan janin di dalam kandungan dan untuk ibu hamil itu sendiri. Zat-zat yang bermanfaat yang terdapat di dalam madu antara lain magnesium, kalium, natrium, vitamin C, zat besi, antioksidan, pinobanksin, antibiotik, fosfor, mangan, vitamin B1, B2, B7, dan vitamin B9. Berikut ini adalah sedikit ulasan mengenai beberapa manfaat dan khasiat madu bagi ibu hamil.

Manfaat dan Khasiat Madu Untuk Ibu Hamil

Mengurangi Rasa Mual

Manfaat dan khasiat madu untuk ibu hamil yang pertama adalah mengurangi rasa mual. Mual adalah suatu hal yang wajar untuk dialami ibu hamil terutama pada saat trimester pertama dan kedua. Biasanya rasa mual muncul pada saat pagi hari atau pada saat ibu hamil mecium bau yang menyengat.

Untuk mengurangi rasa mual tersebut ibu hamil diajurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi termasuk madu. Madu adalah bahan yang sangat baik untuk mengurangi rasa mual karea dapat menetralisir kelebihan asam lambung.

Menstabilkan Tekanan Darah

Manfaat dan khasiat madu untuk ibu hamil yang kedua adalah menstabilkan tekanan darah. Tekanan darah pada ibu hamil sering tidak stabil yang disebabkan oleh perubahan hormon. Untuk menjaga tekanan darah tetap stabil, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi madu secara rutin.

Mengatasi Keputihan

Manfaat dan khasiat madu untuk ibu hamil yang ketiga adalah mengatasi keputihan. Sama halnya pada saat mengalami haid, wanita yang sedang hamil juga mengalami perubahan hormon yang secara drastis setiap harinya. Perubahan hormon tersebut dapat menyebabkan keputihan. Salah satu cara untuk mengatasi keputihan pada ibu hamil adalah dengan madu. Madu merupakan bahan yang memiliki sifat antibakteri dan antijamur, sehingga dapat membunuh bakteri penyebab keputihan.

Manfaat dan Khasiat Madu Untuk Ibu Hamil

Memperkuat Janin di Dalam Kandungan

Manfaat dan khasia madu untuk ibu hamil yang keempat adalah memperkuat janin. Masa kehamilan adalah keadaan di mana tubuh memerlukan asupan makanan dan minuman yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi unuk menjaga kesehatan dan perkembangan janin dan ibu hamil itu sendiri. Madu adalah salah satu bahan yang mengandung banyak vitamin dan mineral untuk memperkuat janin pada ibu hamil. Selain itu, madu mengandung vitamin K yang befungsi untuk mencegah terjadinya keguguran.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat dan khasiat madu untuk ibu hamil yang kelima adalah menjaga kekebalan tubuh. Pada saat kehamilan, ibu hamil rentan terkena berbagai macam penyakit seperti flu dan batuk karena sistem kekebalan tubuh yang menurun. Agar terhindar dari berbagai macam penyakit, ibu hamil harus meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuhnya. Untuk meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh, ibu hamil diharuskan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi dan bernutrisi salah satunya adalah madu. Madu mengandung vitamin B2 atau riboflavin yang berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Meningkatkan Kadar Hemoglobin

Manfaat dan khasiat madu untuk ibu hamil yang keenam adalah meningkatkan kadar hemoglobin di dalam darah. Hal tersebut dikarenakan madu memiliki kandungan senyawa zat besi di dalamnya. Kandungan senyawa zat besi tersebut bermanfaat untuk membantu meningkatkan produksi sel-sel darah merah di dalam tubuh sehingga ibu hamil akan terhindar dari risiko anemia atau kekurangan darah.

Mengurangi Insomnia

Manfaat dan khasiat madu untuk ibu hamil yang ketujuh adalah mengurangi insomnia. Hal tersebut dikarenakan madu memiliki kandungan vitamin B6 atau piridoksin di dalamnya. Kandungan vitamin B6 atau piridoksin tersebut bermanfaat untuk merelaksasi otot-otot yang tegang di dalam tubuh sehingga akan mengurnagi risiko insomnia.

Mengobati Maag

Manfaat dan khasiat madu untuk ibu hamil yang kedelapan adalah mengobati maag. Hal tersebut dikarenakan madu mengandung senyawa fosfor di dalamnya. Senyawa fosfor tersebut bermanfaat untuk menjaga keseimbangan keasaman lambung. Untuk meredakan maag pada ibu hamil dengan bantuan madu, caranya adalah sebagai berikut.

Bahan-bahan yang diperlukan

  • Dua ibu jari kunyit putih
  • Satu ibu jari temulawak
  • 500 ml air bersih
  • Tiga sendok makan madu

Cara membuat

  • Cuci bersih kunyit putih dan temulawak
  • Haluskan kunyit putih dan temulawak dengan cara ditumbuk
  • Masukkan air ke dalam panci kemudian masak sampai mendidih
  • Masukkan tumbukkan kunyit putih dan temulawak ke dalam rebusan air
  • Diamkan beberapa menit sampai airnya berkurang dan tersisa sarinya saja
  • Tuangkan sari kunyit putih dan temulawak tersebut ke dalam gelas
  • Campurkan sari tersebut dengan madu

Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat dan khasiat madu untuk ibu hamil yang kesembilan adalah membantu mengontrol kadar gula darah. Hal tersebut dikarenakan madu mengandung senyawa mangan dan vitamin B7 di dalamnya. Kandungan senyawa mangan dan vitamin B7 di dalam madu tersebut bermanfaat untuk mengontrol kadar gula dan membantu melancarkan metabolisme energi di dalam tubuh.

Meningkatkan Energi

manfaat dan khasiat madu untuk ibu hamil yang kesepuluh adalah meningkatkan energi di dalam tubuh ibu hamil. Hal tersebut dikarenakan madu mengandung vitamin B1 atau thiamin. Kandungan vitamin B1 atau thiamin tersebut bermanfaat untuk membantu dalam proses oksidasi makanan dan minuman yang dikonsumsiibu hamil untuk mendapatkan energi.

Mengangkal Radikal Bebas

Manfaat dan khasiat madu untuk ibu hamil yang kesebelas adalah menangkal risiko radikal bebas. Hal tersebut dikarenakan madu mengandung vitamin C atau asam askorbat dan antioksidan. Kandungan vitamin C atau asam askorbat dan antioksidan di dalam madu tersebut bermanfaat untuk menangkal radikal bebas.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat dan khasiat madu untuk ibu hamil yang keduabelas adalah menurunkan kadar kolesterol. Hal tersebut dikarenakan madu mengandung senyawa niasin. Senyawa niasin yang terkandung di dalam madu tersebut bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh ibu hamil.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai beberapa manfaat dan khasiat madu utnuk ibu hamil. Semoga artike dengan judul manfaat dan khasiat madu untuk ibu hamil ini dapat memberikan anda wawasan dan pengetahuan tentang manfaat madu.

Manfaat dan Khasiat Madu Untuk Ibu Hamil | Rahmad Mustofa | 4.5