Manfaat & Khasiat Daging Babi Untuk Tubuh

Daging babi adalah salah satu makanan yang cukup digemari oleh masyarakat non-muslin saat ini. Kendati memiliki berbagai parasit yang hidup di dalamnya, masyarakat tetap tak ragu untuk mengonsumsinya. Parasit yang terdapat di dalam daging babi antara lain cacing taenia sollum, trichinia spiralis, schistosoma japonicus, fasciolepsis buski, ascaris, anklestoma, calornorchis sinensis, paragonimus, erysipelas, dan cacing pita.

Manfaat dan Khasiat Daging Babi Untuk Tubuh Kita

Namun, tuhan tak serta menciptakan sebuah makhluk jika tak memiliki sebuah manfaat. Selain memiliki berbagai dampak buruk, daging babi ternyata juga memiliki manfaat dan khasiat bagi tubuh manusia. Berikut ini adalah sedikit ulasan mengenai kandungan gizi yang terdapat di dalam daging babi dan beberapa manfaat atau khasiatnya bagi tubuh manusia.

Kandungan Vitamin dan Mineral di Dalam 100 Gram Daging Babi Gemuk

Vitamin dan Mineral Jumlah
Energi 457 kkal
Protein 11,9 gram
Lemak 45 gram
Karbohidrat 0 gram
Kalsium 7 mg
Fosfor 117 mg
Zat Besi 2 mg
Vitamin A 0 IU
Vitamin B1 0,58 mg
Vitamin 0 mg

Kandungan Vitamin dan Mineral di Dalam 100 Gram Daging Babi Kurus

Vitamin dan mineral Jumlah
energi 376 kkal
protein 14,1 gram
lemak 35 gram
karbohidrat 0 gram
kalsium 8 mg
fosfor 151 mg
Zat besi 2 mg
Vitamin A 0 IU
Vitamin B1 0,67 mg
vitamin 0 mg

Manfaat dan Khasiat Daging Babi Untuk Tubuh

Manfaat Khasiat Daging Babi Untuk Tubuh Kita

Sumber Energi

Manfaat dan khasiat daging babi yang pertama adalah sebagi sumber energi bagi tubuh. Hal tersebut dikarenakan dalam 100 gram daging babi ternak terdapat 457 kkal energi. Sedangkan daging babi hutan atau celeng memiliki 376 kkal energi di dalam setiap100 gram dagingnya. Kandungan energi dalam daging babi dapat menjadi sumber tenaga dan energi bagi tubuh sehingga terhindar dari kelelahan setelah beraktivitas seharian.

Meningkatkan Masa Otot

Sama halnya dengan daging sapi, daging babi juga memiliki manfaat untuk meningkatkan masa otot. Hal tersebut dikarenakan daging babi memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Di dalam 100 gram daging babi ternak terdapat 11,9 gram protein. Sedangkan di dalam 100 gram daging babi hutan atau celeng terdapat14,1 gram protein. Protein yang terkandung di dalam daging babi sangat bermanfaat untuk meregenerasi sel dan meningkatkan masa otot.

Mengikat Lemak Dalam Darah

Manfaat dan khasiat dari daging babi yang selanjutnya adalah mengikat lemak di dalam darah. Selain untuk meregenerasi sel dan meningkatkan masa otot, protein yang terkandung di dalam daging babi juga bermanfaat untuk mengikat lemak di dalam darah, sehingga sirkulasi darah di dalam tubuh menjadi lancar.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengonsumsi daging babi dalam porsi yang cukup dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut dikarenakan kandungan seng atau zinc dan selenium di dalam daging babi. Oleh sebab itu, mengonsumsi daging babi dapat membuat badan menjadi bugar dan prima.

Menguatkan Tulang dan Gigi

Sama halnya dengan daging sapi, daging babi juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Di dalam 100 gram daging babi ternak terdapat 7 mg kalsium. Sedangkan kandungan kalsium di dalam daging babi hutan adalah 8 mg di setiap 100 gramnya. Selain kalsium, daging babi juga memiliki kandungan fosfor yang cukup tinggi. Kalsium dan fosfor di dalam daging babi memiliki manfaat untuk menguatkan tulang dan gigi, mencegah osteoporosis, dan menambah tinggi badan.

Mencegah Anemia

Mengonsumsi daging babi dalam porsi yang cukup dapat membuat anda terhindar dari risiko anemia. Hal tersebut dikarenakan kandungan zat besi dan asam esensial di dalam daging babi membantu memproduksi sel-sel darah merah atau hemoglobin di dalam tubuh, sehingga anda dapat terhindar dari risiko anemia.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Selain berfungsi untuk meningkatkan produksi sel-sel darah merah di dalam tubuh, kandungan zat besi di dalam daging babi juga bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka. Hal tersebut dikarenakan kandungan zat besi dapat meningkatkan produksi sel darah putih sehingga luka dapat sembuh lebih cepat.

Menjaga Kesehatan Kulit Dan Menghambat Penuaan Dini

Manfaat dan khasiat dari daging babi selanjutnya adalah menjaga kesehatan kulit dan menghambat penuaan dini. Hal tersebut dikarenakan kandungan kolagen yang cukup tinggi di dalam daging babi. Kandungan kolagen tersebut dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di dalam lapisan terluar kulit dan meregenerasi sel kulit baru. Oleh sebab itu, banyak pihak yang membuat salah satu bagian dari daging babi yaitu lemaknya menjadi bahan dasar kosmetik.

Bahan Penambah Rasa Pada Makanan

Manfaat dan khasiat daging babi yang yang lain adalah untuk penambah rasa pada makanan. Daging babi yang digoreng terus-menerus sampai kering akan menghasilkan sebuah minyak yang dinamakan minyak babi. Minyak babi tersebut memiliki cita rasa yang lezat dan nikmat dan sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan penyedap makanan.

Bahan Baku Pembuatan Sabun

Selain sedap untuk dikonsumsi, daging babi juga bermanfaat untuk bidang kecantikan. Hal tersebut dikarenakan daging babi dapat menjadi salah satu bahan baku pembuatan sabun, shampo, pasta gigi, conditioner, anti aging, detergen, dan pelembut pakaian.

Manfaat Daging Babi Lainnya

Selain dagingnya, bagian tubuh babi lainnya seperti rambut, tulang, darah, dan jeroan dapat memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Bagian-bagian tubuh babi tersebut dapat bermanfaat dalam berbagai bidang seperti kesehatan, bisnis, dan kecantikan. Berikut ini adalah manfaat bagian tubuh babi.

  • Bahan baku pembuatan heparin
  • Bahan baku pembuatan alat-alat dan produk kecantikan
  • Bahan baku dalam pembuatan filter pada rokok
  • Bahan baku pembuatan kapsul

Bahaya Daging Babi

Mengonsumsi daging babi mungkin dapat memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Namun, kita tidak boleh tutup mata akan bahaya yang dapat ditimbulkan dari daging babi ini apabila mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan dengan intensitas yang cukup sering. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang dapat ditimbulkan dari daging babi

Penyakit Radang Paru-Paru

Penyakit pertama yang disebabkan pengonsumsian daging babi dalam jumlah yang berlebihan adalah radang paru-paru atau paragonimiasis. Penyakit ini disebabkan oleh p. westermani dan pulpanoris yang terdapat di dalam daging babi yang menyebabkan peradangan yang cukup parah di dalam paru-paru

Penyakit Balantidiasis

Penyakit ini disebabkan oleh parasit balantidium yang terdapat di dalam daging babi. Parasit ini berada dan berkembang biak pada sekum dan usus besar babi. Apabila balantidium ini masuk ke dalam tubuh manusia, maka akan menyebabkan disentri akut dan menurunkan kerja organ vital.

Penyakit Cacing Pita

Mungkin sebagian dari kita sudah mengetahui bahwa daging babi memiliki cacing pita di dalam dagingnya. Apabila cacing pita masuk ke dalam tubuh manusia, maka penderita akan mengalami kekurangan gizi karena cacing pita ini dapat menguras nutrien di dalam saluran pencernaan.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai kandungan gizi dalam daging babi dan beberapa manfaat dan khasiatnya bagi tubuh. semoga artikel dengan judul manfaat dan khasiat daging babi ini dapat bermanfaat bagi anda untuk mengetahui dan mempelajari berbagai manfaat dan khasiat dari daging babi.

Manfaat & Khasiat Daging Babi Untuk Tubuh | Rahmad Mustofa | 4.5