Manfaat & Khasiat Daging Kuda

Kuda adalah salah satu hewan yang dikenal memiliki kemampuan lari yang luar biasa, sehingga tidak heran banyak orang jaman dahulu menjadikan kuda sebagai tunggangan atau kendaraan. Namun, seiring berkembangnya ilmu pengetahuan banyak peneliti yang meneliti manfaat dan khasiat dari kuda ini. Manfaat dan khasiat dari kuda antara lain.

Manfaat & Khasiat Daging Kuda

Kandungan Gizi Pada 100 Gram Daging Kuda

Vitamin dan Minenal Jumlah
Energi 118 kkal
Protein 18,1 gram
Lemak 4,1 gram
Karbohidrat 0,9 gram
Kalsium 10 mg
Fosfor 150 mg
Zat Besi 3 mg
Vitamin A 0 IU
Vitamin B1 0,07 mg
Vitamin C 0 mg
Magnesium 25 mg

Ciri-Ciri Daging Kuda

  • Sekilas hampir mirip dengan daging sapi, karena memiliki warna yang sangat merah
  • Apabila dimasak, daging kuda memiliki rasa yang manis dan tekstur yang empuk
  • Memiliki kandungan protein yang cukup tinggi pada dagingnya
  • Memiliki lemak dan kalori yang cukup rendah dibandingkan dengan daging lainnya.

Hukum Mengonsumsi Daging Kuda

Bagi anda yang muslim atau beragama islam, pasti bertanya-tanya apakah daging kuda ini halal atau tidak untuk dikonsumsi. Pasalnya di Indonesia ini masih jarang masakan atau olahan yang berbahan baku daging kuda.

Berdasarkan pandangan islam, hukum memakan daging kuda adalah halal. Hal tersebut didasarkan pada hadist yang diriwayatkan oleh al-Bukhari dan Muslim dari Jabir bin Abdillah yang berbunyi:

’pada hari khibar, Rasulullah SAW melarang kami dari memakan daging kaldai liar, dan meringankan untuk memakan daging kuda’’

Manfaat dan Khasiat Daging Kuda Untuk Tubuh

Manfaat & Khasiat Daging Kuda Tubuh Kita

Penambah Stamina

Manfaat dan khasiat dari daging kuda yang pertama adalah menambah stamina untuk untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Hal tersebut dikarenkan kandungan proteinase yang cukup tinggi di dalam daging kuda yaitu sekitar 118 kkal di dalam setiap 100 gram dagingnya. Selain menambah stamina, daging kuda bermanfaat untuk meningkatkan gairah seksual pada laki-laki.

Meredakan Penyakit Rematik

Salah satu manfaat daging kuda adalah meredakan penyakit rematik. Rematik adalah salah satu penyakit yang menyerang daerah persediaan yang disebabkan oleh peradangan. Daging kuda dapat menyembuhkan rematik karena memiliki kandungan steroid cukup tinggi yang bermanfaat untuk meredakan rasa sakit akibat peradangan. Dengan mengonsumsi daging kuda, kita dapat memperlambat proses kerusakan sendi akibat kurangnya pelumas sehingga terjadi gesekan antar tulang.

Menu Diet Yang Cukup Sehat

Untuk memiliki badan yang langsing dan proporsional, anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung rendah lemak. Daging kuda adalah salah satu makanan yang cocok untuk dijadikan menu diet yang sehat karena mengandung lemak yang relatif rendah dibandingkan dengan daging lainnya.

Selain kandungan lemak yang rendah, daging kuda juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, sehingga dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Selain mengonsumsi daging kuda yang rendah lemak, anda dianjurkan untuk berolahraga secara rutin agar impian memiliki badan yang ramping dapat terwujud.

Menstabilkan Kadar Kolesterol

Khasiat dan manfaat lain dari daging kuda adalah dapat menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh tetap stabil. Hal tersebut dikarenakan kandungan asam lemak jenuh pada daging kuda yang cukup rendah dibandingkan dengan daging sapi, ayam, babi, kambing, dll.

Meningkatkan Pertumbuhan Masa Otot

Bagi anda yang menginginkan badan yang berotot dan atletis, daging kuda adalah salah satu alternatif atau pilihan yang patut dicoba. Pasalnya daging kuda mengandung banyak steroid yang dapat membantu pertumbuhan masa otot di dalam tubuh.

Menguatkan Tulang

Selain meningkatkan masa otot, daging kuda juga memiliki manfaat untuk menguatkan tulang dan gigi. Hal tersebut dikarenakan tingginya kandungan fosfor dan kalsium di dalam daging kuda. Selain kandungan fosfor dan kalsium, kandungan zat besi di dalam daging kuda juga bagus untuk meningkatkan produksi darah merah di dalam tubuh sehingga tulang menjadi kuat.

Meredakan Pegal-Pegal

Daging kuda juga bermanfaat untuk meredakan pegal-pegal karena kandungan zat besi yang cukup tinggi yaitu 3,82 mg di dalam setiap 100 mg dagingnya. Dengan kandungan zat besi yang cukup tinggi, sel-sel darah merah atau hemoglobin di dalam tubuh meningkat sehingga peredaran darah dan suplai oksigen menjadi lancar terutama pada bagian pembuluh darah kapiler.

Mengurangi Gejala Kambuhnya Penyakit Epilespy

Salah satu manfaat dan khasiat dari daging kuda adalah mengurangi gejala kambuhnya penyakit epilepsy. Penyakit epilespsi adalah penyakit yang belum diketahui obatnya, sehingga dapat kambuh sewaktu-waktu. Sebenarnya belum terdapat penelitian yang jelas mengenai khasiat daging kuda untuk mengurangi gejala kambuhnya penyakit epilepsy. Namun, berdasarkan pengalaman orang-orang yang memiliki riwayat epilepsy, mengonsumsi daging kuda dalam porsi yang cukup secara rutin dapat mengurangi frekuensi kambuhnya gejala epilepsy.

Meningkatkan Sistem Imun Atau Kekebalan Tubuh

Manfaat dan khasiat daging kuda lainnya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut dikarenakan kandungan mineral dan vitamin yang cukup tinggi di dalam daging kuda. Vitamin dan mineral tersebut mampu memelihara dan meningkatkan hormon dan enzim dalam tubuh yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengobati Sesak Napas

Selain bermanfaat untuk mengurangi gejala kambuhnya penyakit epilepsy, daging kuda juga bermanfaat untuk mengurangi sesak napas. Hal tersebut dikarenakan kandungan nutrisi di dalam daging kuda mampu mencegah kontraksi otot-otot polos sehingga risiko penyempitan tenggorokan dapat berkurang.

Diambil Susunya

Sama halnya dengan sapi, tidak hanya dagingnya, susu kuda juga dapat dikonsumsi. Susu kuda ini dikenal berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti darah tinggi, gangguan jantung, kanker payudara, dan kanker leher rahim. Selain untuk menyembuhkan berbagai penyakit, susu kuda juga memiliki fungsi yang sama dengan dagingnya yaitu meningkatkan stamina dan gairah seksualitas. Khasiat-khasiat tersebut dapa diperoleh karena susu kuda mengandung vitamin A, B2, B6, B12, C, E, zat besi, kalsium, dan magnesium.

Resep dan Cara Memasak Coto Kuda Khas Jeneponto Sulawesi Selatan

Bahan-Bahan yang dibutuhkan

  • 2 kg Daging, usus, hati, dan otak kuda
  • 2 batang sere
  • 1 jari laos
  • 200 ml santan
  • 10 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 3 lembar daun salam
  • 2 buah jeruk nipis
  • 3 jari jahe
  • 5 jari lengkuas
  • Garam dan air

Cara Membuat

  • Rebus daging, usus, hati, lengkuas, jahe, dan salam
  • Setelah empuk dan matang, angkat lalu tiriskan, kemudian potong-potong menjadi bentuk dadu
  • Haluskan seluruh bumbu kemudian tumis hingga layu dan harum
  • Masukkan daging, usus, hati. otak, dan seluruh bumbu ke dalam panci
  • Panaskan hingga mendidih kemudian masukkan santan
  • Tunggu sampai daging dan bumbu meresap dengan sempurna
  • Setelah matang, angkat coto kuda kemudian hidangkan dengan ketupat hangat.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai kandungan gizi dalam daging kuda dan beberapa manfaatnya bgai tubuh serta resep dan tat acara memasak coto kuda khas Jeneponto Sulawesi Selatan. Semoga artikel dengan judul manfaat & khasiat daging ini dapat membantu untuk lebih memahami khasiat dan manfaat daging kuda.

Manfaat & Khasiat Daging Kuda | Rahmad Mustofa | 4.5