Manfaat & Khasiat Daging Monyet Kesehatan

Monyet adalah salah satu hewan yang dilindungi di Indonesia, sehingga keberadaan hewan ini tidak boleh diburu, ditangkap, ataupun dikonsumsi. Namun, seakan-akan tidak menggubris peraturan tersebut, banyak daerah di Indonesia seperti Sulawesi, lampung, Medan, dan bahkan kota besar Jakarta tetap memperjualbelikan daging primata tersebut. Di Indonesia mengonsumsi daging monyet adalah hal yang cukup pabu untuk dilakukan. Hal ini bertolak belakang dengan negara China atau Afrika, di mana mengonsumsi daging monyet adalah suatu hal yang menjadi budaya dan kebiasaan.

Manfaat dan Khasiat Daging Monyet

Dikarenakan monyet termasuk ke dalam hewan liar, maka untuk menangkapnya-pun diperlukan waktu yang cukup lama sehingga harganya pun melambung tinggi. Harga yang tinggi tersebut tidak menurunkan minat masyarakat yang menggemari daging monyet untuk membelinya. Peminat daging monyet tersebut tidak serta merta membeli dan mengonsumsi daging primata tersebut tanpa sebuah tujuan. Daging monyet ini dipercaya memiliki banyak manfaat terutama bagi vitalitas pria. Berikut ini adalah sedikit ulasan mengenai beberapa manfaat dan khasiat daging monyet.

Hukum Mengonsumsi Daging Monyet Dalam Pandangan Islam

Bagi anda yang menganut agama islam, pasti bertanya-tanya apakah mengonsumsi daging monyet diperbolehkan mengingat monyet termasuk ke dalam hewan liar. Berdasarkan pandangan hukum islam mengonsumsi daging monyet merupakan perbuatan yang dilarang dan haram. Hal tersebut dikarenakan monyet adalah hewan yang dikategorikan sebagai hewan buas karena bertaring. Selain itu, monyet adalah hewan yang kotor karena hidup di alam bebas. Larangan tersebut didasarkan pada H.R Muslim no 1933 yang berbunyi ‘’setiap binatang buas yang bertaring, maka memakannya adalah haram.’’

Manfaat dan Khasiat Daging Monyet

Menambah Vitalitas dan Gairah Seksual

Salah satu khasiat daging monyet adalah menambah vitalitas dan gairah seksual. Sebenarnya belum terdapat penelitian yang jelas mengenai manfaat daging monyet untuk menambah vitalitas dan gairah seksual. Namun, banyak pihak yang mempercayai terutama orang-orang yang berasal dari china dengan khasiat daging monyet tersebut.

Apabila anda menginginkan untuk menambah gairah seksualitas, sebaiknya anda mengonsumsi jenis daging yang lain seperti daging ular atau kuda. Hal tersebut dikarenakan keberadaan primata ini yang sudah mulai jarang ditemui, terutama jenis tertentu yang sudah hampir punah.

Mengobati Gatal Dan Borokan

Manfaat dan khasiat daging monyet yang lain adalah mengobati gatal dan borokan. Sama halnya dengan khasiat daging monyet yang pertama, manfaat daging monyet yang kedua ini juga belum memiliki dasar penelitian yang jelas. Kepercayaan daging monyet dapat mengobati gatal dan borokan ini berasal dari teori orang jaman dahulu bahwa penyakit yang menjijikan hanya dapat disembuhkan dengan sesuatu yang menjijikan juga.

Walaupun ilmu pengetahuan dan teknologi sudah berkembang sangat pesat saat ini, namun masih terdapat beberapa orang yang mempercayai bahwa daging monyet dapat mengobati gatal dan borokan.

Mengatasi Gangguan Perut

Kepercayaan khasiat daging monyet dapat mengobati gangguan yang terjadi pada perut berasal dari pengobatan china. Pihak-pihak yang melakukan praktisi pengobatan china mempercayai bahwa daging monyet mengandung protein yang cukup tinggi. Selain dagingnya, pengobatan china ini juga menggunakan otak monyet untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan menambah gairah seksualitas.

Sebenarnya, pemanfaatan daging monyet untuk mengobati penyakit perut hanya dilakukan di China saja. Namun, dengan adanya arus globalisasi yang cukup tinggi, sekarang banyak pengobatan dengan memanfaatkan daging monyet ini dapat ditemukan di kota-kota besar di Indonesia.

Mengobati Sakit Mata

Selain dagingnya, anggota tubuh monyet yang lain juga dimanfaatkan beberapa pihak untuk mengobati berbagai penyakit salah satunya penyakit mata. Anggota tubuh yang lain tersebut adalah empedu. Empedu dapat dimanfaatkan untuk mengobati sakit mata dengan cara dibakar atau diolah menjadi sate.

Menyembuhkan Penyakit Eksim

Salah satu manfaat daging monyet adalah dapat menyembuhkan penyakit eksim. Penyakit eksim adalah keadaan di mana kulit menjadi kering, pecah-pecah, gatal, dan kemerahan. Mengonsumsi daging monyet secara rutin dipercaya mampu menyembuhkan penyakit eksim termasuk bekas luka yan ditimbulkan. Selain itu, daging monyet ampuh untuk menghilangkan rasa gatal.

Manfaat Khasiat Daging Monyet

Bahaya Mengonsumsi Daging Monyet

Walaupun memiliki manfaat yang cukup banyak, tetapi mengonsumsi daging monyet juga dapat menyebabkan beberapa penyakit yang cukup berbahaya.

Risiko Penyakit HIV/AIDS dan Ebola

Penyakit HIV/AIDS adalah penyakit yang sangat berbahaya karena dapat mengancam nyawa. Penyakit ini dapat menular melalui kegiatan seks, tranfusi darah, dan air mani. Mengonsumsi daging monyet yang terjangkit virus aids adalah salah satu peluang bagi anda untuk terkena penyakit aids ini. Selain HIV atau aids, mengonsumsi daging monyet yang terjangkit virus ebola dapat menularkan penyakit ebola.

Risiko Penyakit Rabies

Banyak orang yang belum mengetahui bahwa air liur monyet sama berbahayanya dengan alir lur anjing. Apabila olahan daging monyet tercampur dengan air liurnya maka akan meningkatkan risiko terkena penyakit rabies.

Mengandung Cacing

Dikarenakan monyet dapat dikategorikan sebagai hewan liar, maka hewan ini dapat dengan mudah terkena infeksi parasit. Sama halnya dengan babi, monyet dicurigai mengandung banyak cacing parasit di dalam tubuhnya. Mengonsumsi daging monyet akan memberikan kesempatan bagi cacing parasit ini untuk berpindah ke dalam tubuh. Apabila cacing parasit ini masuk ke dalam tubuh, maka akan menimbulkan gangguan pada pencernaan.

Sakit Perut

Tidak seperti daging pada umumnya, daging monyet ini memiliki sifat panas yang dapat menyebabkan orang yang mengonsumsinya mengalami sakit perut. Untuk menghindari efek panas pada perut, sebaiknya anda mengonsumsi daging monyet dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Resep dan Cara Memasak Gulai Daging Monyet

Bahan-Bahan yang Perlu Disiapkan

  • 1 kg daging monyet
  • 1,5 liter air santan
  • 3 siung bawang putih, 8 siung bawang putih, ketumbar, kemiri, lada, kunyit, dan jinten,
  • 1 jari lengkuas, cengkeh, daun jeruk, dan daun salam
  • 1 jari kunyit dan sereh
  • Gula merah, garam, dan bumbu penyedap
  • Minyak sayur

Cara Memasak

  • Bersihkan daging monyet dan cuci hingga bersih, pastikan daging tidak terkontaminasi dengan air liurnya
  • Masukkan daging ke dalam panci dan rebus hingga masak dan empuk
  • Haluskan seluruh bumbu, kemudian panaskan minyak sayur
  • Masukkan bumbu ke dalam wajan kemudian tumis hingga layu dan harum
  • Masukkan daging monyet kemudian aduk sampai daging tercampur rata dengan bumbunya
  • Tambahkan air ke dalam wajan kemudian ungkep daging dan bumbu
  • Setelah air mengering, tambahkan santan, gula merah, garam, dan bumbu penyedap
  • Biarkan sampai mendidih, kemudian angkat dan sajikan dengan ketupat hangat

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai hukum mengonsumsi daging monyet, beberapa manfaat dan khasiat mengonsumsi daging monyet, bahaya mengonsumsi daging monyet, dan cara mengolah daging monyet menjadi gulai yang nikmat dan lezat. Semoga artikel dengan judul manfaat & khasiat daging monyet ini dapat membantu anda untuk lebih memahami manfaat dan bahaya yang didapatkan sekaligus pada saat mengonsumsi daging monyet. Setelah ini, pembaca diharapkan lebih bijaksana dalam memilih daging yang akan dikonsumsi, mengingat monyet adalah hewan yang langka dan dilindungi.

Manfaat & Khasiat Daging Monyet Kesehatan | Rahmad Mustofa | 4.5