Manfaat & Khasiat Daging Sapi Untuk Kesehatan Tubuh

Daging sapi merupakan salah satu makanan yang paling digemari saat ini. Pasalnya selain memiliki rasa yang lezat, daging sapi juga memiliki berbagai manfaat karena kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Namun, untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari daging sapi, anda harus mengolahnya secara benar agar bakteri dan kuman di dalamnya dapat terbunuh seluruhnya. Berikut ini adalah sedikit ulasan mengenai berbagai manfaat dan khasiat dari daging sapi.

Manfaat dan Khasiat Daging Sapi

Kandungan Vitamin dan Mineral di Dalam 100 Gram Daging Sapi

Vitamin dan Mineral Jumlah Penjelasan
 

 

Protein

18,8 gram Protein di dalam daging sapi dapat dikategorikan sebagai protein hewani. Protein dibutuhkan tubuh manusia untuk membantu perkembangan otak dan pembentukan serta penambahan masa otot, terutama pada anak-anak.
 

Lemak daging

14 gram Kandungan lemak di dalam daging sapi dibutuhkan tubuh manusia sebagai sumber energi dan tenaga untuk melakukan aktivitas sehari-hari
 

 

 

 

Kalsium

11 mg Kalsium adalah salah satu mineral yang dibutuhkan tubuh untuk membantu pembentukan tulang dan gigi. Selain itu, kalsium memiliki manfaat untuk menghubungkan saraf-saraf yang ada di dalam tubuh, melenturkan otot, menormalkan tekanan darah dan jantung, melancarkan sistem peredaran atau sirkulasi darah. Selain daging sapi, kalsium dapat ditemukan pada makanan dan minuman lain seperti susu, yogurt, dan keju.
 

 

 

Fosfor

170 mg Fosor adalah salah satu kandungan mineral yang terdapat di dalam daging sapi. Fosfor merupakan kandungan mineral terbanyak kedua setelah kalsium di dalam daging sapi. Kandungan mineral ini dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, melancarkan urinasi, menjaga kesehatan dan perkembangan otak, membantu sintesa protein dan metabolisme tubuh, melancarkan pencernaan, menjaga keseimbangan hormon, dan membantu proses biokimia. Selain dari daging sapi, fosfor dapat ditemukan di makanan dan minuman lain seperti susu, daging ayam, kacang tanah, ikan tuna, bawang putih, dll.
 

 

 

 

 

Zat Besi

3 mg Kandungan zat besi di dalam daging sapi memiliki jumlah yang cukup tinggi dibandingkan dengan makanan dan minuman lain. zat besi memiliki beberapa manfaat untuk tubuh seperti membawa dan menyerbarkan oksigen ke seluruh tubuh, membantu pembentukan hemoglobin, mengatur suhu tubuh, membantu meningkatkan sistem imun, meningkatkan fungsi otak dan otot, membantu metabolisme, membantu pembentukan enzim, dll. Selain daging sapi, kandungan zat besi dapat ditemukan di dalam makanan lain seperti kepiting, kacang merah, bayam, tomat, daging kambing, dll.
 

 

 

Vitamin A

30 IU Kandungan yang terdapat di dalam daging sapi adalah vitamin A. vitamin A merupakan salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh terutama bagian mata dan sistem kekebalan tubuh. selain daging sapi, vitamin A dapat ditemukan pada makanan lain seperti, wortel, brokoli, bayam, apel, kiwi, dan minyak ikan.
 

 

 

Vitamin B1

0,08 mg Selain vitamin A, kandungan vitamin lainnya yang terdapat pada daging sapi adalah vitamin B1. Vitamin B1 ini dibutuhkan tubuh untuk mengubah karbohidrat menjadi energi, mengendurkan saraf yang tegang, meningkatkan fungsi otak, dan menjaga kesehatan otot. Selain daging sapi, anda dapat menemukan vitamin B1 pada makanan lain seperti sayuran hijau dan susu
Seng atau Zinc Seng atau Zinc adalah salah satu mineral yang dapat ditemukan pada daging sapi. Seng atau Zinc dibutuhkan tubuh untuk dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. Selain itu, mineral ini dapat membantu tubuh untuk meningkatkan produksi sperma.
Selenium Selenium adalah salah satu mineral yang terdapat di dalam daging sapi. Sama halnya dengan zat besi dan seng, selenium ini dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat terhindar dari berbagai macam penyakit.

 

Manfaat & Khasiat Daging Sapi Bagi Tubuh

Manfaat dan Khasiat Daging Sapi Untuk Tubuh

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat & khasiat daging sapi yang pertama adalah menjaga kesehatan kulit. Hal ini disebabkan oleh kandungan mineral, vitamin, dan protein di dalam daging sapi yang mampu untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di lapisan terluar kulit dan meregenerasi kulit, sehingga kulit menjadi tampak sehat dan segar.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Selain menjaga kesehatan kulit, daging sapi juga bermanfaat untuk menyembuhkan luka secara lebih cepat. Pasalnya daging sapi memiliki kandungan protein di dalamnya yang mampu meningkatkan sel darah putih di dalam tubuh sehingga luka dapat sembuh lebih cepat.

Mencegah Risiko Stroke

Salah satu manfaat mengonsumsi daging sapi adalah terhindar dari risiko penyakit stroke. Stroke terjadi karena sel-sel saraf mendapatkan kandungan oksigen yang sedikit dari pembuluh darah kapiler. Mengonsumsi daging sapi yang cukup dapat menjadi salah satu solusi agar terhindar dari risiko stroke karena kandungan asam lemak jenuh di dalamnya. Pasalnya, kandungan asam lemak jenuh di dalam daging sapi mampu memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari daging sapi, anda harus benar-benar memperhatikan cara memasaknya agar kandungan bakteri di dalam daging dapat terbunuh seluruhnya.

Mencegah Anemia

Mengonsumsi daging sapi dalam porsi yang cukup dapat menghindarkan anda dari risiko anemia atau kekurangan darah. Hal tersebut dikarenakan di dalam daging sapi mengandung zat besi yang cukup banyak. Kandungan zat besi di dalam daging sapi berfungsi untuk meningkatkan produksi hemoglobin atau sel-sel darah merah.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Untuk mencegah tubuh terhindar dari segala macam penyakit, tentunya sistem kekebalan tubuh harus dijaga dengan baik. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, salah satu solusinya adalah dengan mengonsumsi daging sapi dalam porsi yang cukup. Daging sapi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kandungan seng atau zinc dan selenium.

Meningkatkan Kecerdasan Otak

Mengonsumsi daging sapi dalam porsi yang cukup sangat dianjurkan untuk anak-anak yang sedang mengalami masa pertumbuhan. Hal tersebut dikarenakan daging sapi merupakan makanan yang mengandung banyak mineral protein yang sangat baik untuk meningkatkan kerja otak atau kecerdasan.

Meningkatkan Masa Otot

Bagi anda yang menginginkan memiliki badan yang berotot dan atletis, mengosumsi daging sapi adalah salah satu solusinya. Pasalnya, kandungan protein di dalam daging sapi memiliki manfaat untuk membentuk dan meningkatkan masa otot. Namun, sebelum mengonsumsi daging sapi pastikan anda memasaknya dengan cara yang benar sehingga bakteri yang di dalamnya dapat terbunuh seluruhnya.

Mencegah Risiko Serangan Jantung

Manfaat dan khasiat daging sapi yang paling utama adalah dapat mencegah dari risiko serangan jantung. Hal tersebut dikarenakan omega 3 dan omega 6 yang terkandung di dalam daging sapi.

Mencegah Obesitas

Bagi anda yang memiliki berat badan yang berlebih, sebaiknya anda mengonsumsi daging sapi dalam porsi yang cukup secara rutin. Hal tersebut dikarenakan daging sapi memiliki banyak kandungan protein dan sedikit lemak. Daging sapi yang anda konsumsi tidak akan menambah lemak di dalam tubuh tetapi menambah masa otot.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai macam-macam kandungan mineral dan vitamin di dalam daging sapi serta berbagai manfaat dan khasiatnya bagi tubuh. Semoga artikel dengan judul manfaat & khasiat daging sapi ini dapat membantu anda untuk mempelajari dan mengetahui manfaat dan khasiat dari daging sapi.

Manfaat & Khasiat Daging Sapi Untuk Kesehatan Tubuh | Rahmad Mustofa | 4.5