Manfaat & Khasiat Daging Ular

Ular adalah hewan yang termasuk jenis reptil yang cukup membahayakan. Pasalnya beberapa jenis ular memiliki racun yang sangat berbahaya dan dapat menimbulkan kematian apabila terkena gigitanya. Namun, bukan manusia apabila tidak bisa menemukan manfaat dan khasiat dari hewan buas tersebut. Kendati mengandung racun, banyak orang yang mengonsumsi daging bahkan racunnya sebagai penawar berbagai macam penyakit. Berikut ini adalah beberapa contoh khasiat dan manfaat daging ular.

Manfaat & Khasiat Daging Ular

Apa Manfaat dan Khasiat Daging Ular Bagi Tubuh Kita?

Meningkatkan dan Mempertahankan Gairah Seksual

Manfaat dari daging ular yang pertama adalah meningkatkan dan mempertahankan gairah seksual. Beberapa pria mengonsumsi daging ular unuk meningkatkan libido agar dapat berhubungan seksual dalam jangka waktu yang lama. Tak hanya dagingnya, darah dan empedu ular juga dapat digunakan untuk meningkatkan dan mempertahankan gairah seksual.

Menyembuhkan Impotesi

Salah satu manfaat dari mengonsumsi daging ular adalah menyembuhkan impotensi. Impotensi adalah salah satu penyakit yang menyerang kemaluan laki-laki sehingga tidak dapat berereksi ataupun mempertahankan ereksinya. Walaupun belum terdapat penelitian yang jelas mengenai khasiat ini, banyak orang yang sudah mencoba dan mendapatkan hasilnya. Selain dagingnya, empedu ular yang dibakar juga dapat digunakan untuk menyembuhkan impotensi.

Penangkal Racun dan Radikal Bebas

Manfaat dan khasiat dari daging ular yang lain adalah sebagai penangkal racun dan radikal bebas. Walaupun ular adalah hewan yang hidup dengan racun di tubuhnya, tetapi daging dari ular dapat digunakan untuk menangkal racun dan radikal bebas.

Obat Penghilang Rasa Sakit

Tidak segalanya yang menyangkut mengenai racun adalah hal yang membahayakan. Hal ini terbukti karena racun ular, terutama kobra dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit. Berdasarkan penelitian, racun ular kobra lebih ampuh 20 kali lipat dibandingkan dengan obat penghilang rasa sakit seperti morfin dan aspirin. Selain itu, pengobatan dengan racun ular kobra ini tidak memiliki efek sampig walaupun digunakan secara berkali-kali. Hal ini berbeda dengan penggunaan aspirin dan morfin yang memiliki efek samping apabila digunakan dalam jumlah yang berlebihan.

Mencegah Serangan Jantung

Manfaat dan Khasiat Daging Ular untuk mencegah jantung

Salah satu manfaat dan khasiat dari daging ular adalah mencegah serangan jantung. Hal tersebut dikarenakan ular memiliki banyak enzim di dalam tubuhnya, salah satunya yaitu enzim kolisnetarase. Enzim ini adalah enzim yang digunakan ular untuk melemahkan otot-otot dan saraf mangsanya. Namun, khusus bagi manusia enzim ini berkhasiat untuk mencegah terjadinya serangan jantung pada manusia. Selain itu, empedu ular dapat digunakan untuk menguatkan tekanan jantung dan membuatnya lebih sehat.

Mencegah Penyakit Stroke

Selain bermanfaat untuk mencegah serangan jantung, enzim kolisnetarase juga berfungsi untuk menghindarkan manusia dari risiko penyakit stroke.

Menyembuhkan Berbagai Penyakit Kulit

Setiap bagian tubuh ular seperti daging, darah, empedu, dan sumsum dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Penyakit kulit yang dapat disembuhkan dengan daging ular adalah kadas, kurap, dan panu. Berdasarkan penelitian, ular memiliki kandungan atau enzim yang bermafaat untuk obat gatal atau alergi.

Meningkatkan Energi

Sama halnya dengan daging sapi atau daging yang lain, ular juga memiliki kandungan protein, lemak, dan energi, dan karbohidrat di dalam dagingnya. Kandungan-kandungan tersebutlah yang membuat orang yang mengonsumsi daging ular akan merasa bugar dan berenergi dalam waktu yang instan.

Mengobati Sakit Pinggang

Manfaat dan khasiat daging ular selanjutnya adalah mengobati sakit pinggang. Agar sakit pinggang hilang secara permanen, anda dianjurkan untuk mengonsumsi daging ular dua kali dalam seminggu.

Mengatasi Penyakit Ginjal

Banyak yang mempercayai bahwa dengan mengonsumsi daging ular, penyakit yang bersarang di dalam ginjal seperti batu ginjal akan teratasi. Hal tersebut dikarenakan kepercayaan bahwa kandungan vitamin dan mineral di dalam daging ular mampu membersihkan ginjal.

 

Mengatasi Gangguan Tingkat Sel

Mengonsumsi daging ular terutama sanca adalah salah satu alternatif agar dapat dilakukan orang yang memiliki keluhan penyakit pada tingkat sel. Contoh dari penyakit gangguan tingkat sel adalah kanker dan tumor.

Menyembuhkan Penyakit Kanker

Apabila anda adalah orang yang menderita penyakit kanker, mengonsumsi daging ular dapat menjadi solusi yang dapat dilakukan untuk mengobatinya. Hal tersebut dikarenakan daging ular mengandung enzim yang bernama proteinase yang bermanfaat untuk menetralisir dan menghancurkan sel-sel pemicu kanker. Sebetulnya enzim proteinase digunakan ular sebagai senjata untuk mematikan jaringan otot dan kulit mangsanya dalam waktu yang singkat. Namun, apabila enzim tersebut dikonsumsi melalui daging ular yang dimasak, akan memberikan manfaat dalam penyembuhan penyakit kanker.

Mengatasi Penyakit Asma

Selain untuk menyembuhkan penyakit kanker, daging ular dipercaya sebagian kalangan mampu menyembuhkan penyakit asma. Apabila anda merasa jijik untuk mengonsumsinya, pergilah ke sebuah restoran yang menyuguhkan menu daging ular yang telah diolah menjadi makanan lezat seperti sate ataupun tumis.

Menyembuhkan Penyakit Liver

Selain dagingnya, empedu ular juga memiliki manfaat dan khasiat yang begitu banyak salah satunya adalah mampu menyembuhkan penyakit liver. Hal tersebut dikarenakan kandungan protein di dalam daging ular mencapai 18,45% yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Apabila sistem kekebalan tubuh terjaga, maka kesehatan organ dalam seperti liver akan terjaga.

Mempertajam Penglihatan

Apabila anda menginginkan penglihatan yang tajam dan baik, mengonsumsi daging ular adalah salah satu solusinya. Hal tersebut dikarenakan kandungan vitamin di dalam daging ular akan masuk ke dalam saraf-saraf di dalam tubuh termasuk saraf mata, sehingga penglihatan akan menjadi tajam dan baik. Untuk mendapatatkan hasil yang maksimal, konsumsilah daging ular yang telah diolah sedemikian rupa hingga menjadi tepung.

Menjaga Kesehatan Kulit

Selain bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit seperti kadas, kurap, dan panu, daging ular juga berfungsi untuk menjaga kecantikan, kesehatan dan kehalusan kulit. Hal tersebut dikarenakan kandungan senyawa aktif di dalam daging mampu menghaluskan dan mencerahkan kulit, mencegaha penuaan dini, dan menghilangkan jerawat.

 

Tips Untuk Mengolah Daging Ular

Untuk meninggalkan kesan jijik pada olahan daging ular, anda dapat mengolahnya menjadi makanan lezat seperti sate, sup, dan bubur. Apabila anda tidak mau terlibat langsung dalam memasak dan mengolah reptil tersebut, anda dapat pergi ke sebuah restoran yang menyediakan daging ular dengan berbagai olahan. Berikut ini adalah cara memasak daging ular menjadi patola rica-rica khas minahasa.

  • Siapkan 1 kg daging ular, kemudian bakar sampai kulitnya hangus dan potong-potong kecil
  • Panaskan minyak kelapa, masukkan sereh dan bawang merah kemudian tumis sampai harum
  • Masukkan bahan utama yaitu cabe yang telah dihaluskan, kemudian tumis sampai layu
  • Masukkan daging ular, aduk sampai bumbu dan daging menyatu
  • Tutup wajan dan tunggu beberapa menit sampai daging benar-benar empuk
  • Buka penutup wajan kemudian tambahkan air, garam, dan penyedap rasa
  • Tutup wajan kembali dan tunggu sampai patola rica-rica mengering
  • Setelah kering, angkat dan sajikan bersama nasi hangat

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai beberapa manfaat dan khasiat daging ular bagi tubuh manusia sekaligus cara mengolahnya menjadi makanan yang lezat dan nikmat. Semoga artikel dengan judul manfaat & khasiat daging ular ini dapat membantu anda untuk mempelajari khasiat daging ular bagi tubuh.

Manfaat & Khasiat Daging Ular | Rahmad Mustofa | 4.5