Manfaat & Khasiat Daun Insulit Untuk Kesehatan

 

Mari kita mengenal lebih dalam mengenai daun insulin. Daun Insulin merupakan salah satu tanaman yang saat ini sedang trend. Daun insulin merupakan tanaman yang terkenal dan ampuh untuk menyembuhkan penyakit diabetes mellitus secara alami. Selain itu, tanaman ini semakin terkenal karena khasiatnya yang dapat membantu untuk mengontrol gula darah bagi penderita diabetes.

Manfaat & Khasiat Daun Insulit Untuk Kesehatan

Daun insulin memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Rasa sedikit manis
  • Resin
  • Bunga (mirip dengan violet)

Rasa manis tersebut berasal dari inuin. Inuin menghasilkan rasa manis yang berasal dari akar insulin. Tanaman ini dapat tumbuh tinggi lebih dari 2 meter dan memiliki bunga berwarna kuning yang mencolok, dan biasanya akan berbunga pada akhir musim tanam.

Meskipun daun insulin bukan tanaman asli Indonesia namun tanaman ini banyak dibudidayakan di Indonesia. Karena kesamaan iklim di Meksiko dan di Indonesia sehingga daun insulin dapat tumbuh subur.

Sejarah Daun Insulin

 

  • Di Negara lain yaitu Afrika, daun insulin atau yakon digunakan sebagai bahan makanan ternak, namun di Taiwan daun insulin telah diperjualbelikan sebagai tanaman herbal/obat. Bahkan di Brazil telah mengonsumsi teh yang berasal dari daun insulin yang berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit.
  • Di Negara Indonesia, daun insulin lebih dikenal sebagai tanaman hias dibandingkan tanaman obat. Di Jawa, daun insulin atau yakon lebih dikenal dengan Rondo semayu dan kembang bulan. Sedangkan di Jepang, tanaman ini dikenal dengan nama Nitobegiku dan pada era meiji, daun insulin digunakan sebagai obat yang dapat mengatasi keracunan dan demam, meskipun pada saat itu tanaman ini belum digunakan sebagai tanaman obat.
  • Menurut sejarahnya, daun insulin berasal dari Negara Meksiko yang kemudian menyebar ke Amerika tengah dan selatan. Selanjutnya, daun insulin disebarkan di Benua Asia dan Afrika. Namun, pada saat itu daun insulin tidak disebarkan sebagai tanaman obat tapi disebarkan sebagai tanaman hias karena bunganya yang indah dan menyerupai bunga ester atau bunga marigold.
  • Daun insulin berasal dari bahasa ilmiah yaitu “ Tithonia diversiviola “ atau spesies lainnya yang bernama “ Smallanthus Sonchifollium “ yang tergolong suku Asteraceae. Tanaman yang sering dijuluki dengan sebutan Mexican sunflower ini juga dikenal dengan Daun Yakon yang merupakan tanaman tradisional tahunan yang dapat tumbuh di Andes Utara dan tengah Kolumbia ke Argentina Utara. Namun, masyarakat Indonesia lebih mengenal tanaman ini dengan sebutan Daun Insulin.

Kandungan Aktif Daun Insulin

 

Dari hasil penelitian menyatakan bahwa daun insulin kaya akan manfaat dan khasiat karena terdapat senyawa-senyawa aktif yang berguna bagi kesehatan. Senyawa-senyawa atau zat-zat aktif yang terkandung di daun insulin yaitu senyawa flavonoid, aloksan, tanin, alkaloid, saponin, glikosida, dan steroid. Senyawa tersebut adalah senyawa yang bertindak sebagai antidiabetik, antioksidan, dan antibakteri yang mampu memberikan efek positif bagi tubuh terutama pada pasien penderita diabetes.

Fakta Penelitian Daun Insulin   

 

  • Adapula penelitian yang di lakukan di Jepang, penelitian dilakukan pada tahun 2005 yang dilakukan oleh Toshihiro Miura dkk yang berasal dari Department of Clinical Nutrition di Suzuka University of Medical Science. Dalam penelitiannya membuktikan bahwa tikus yang di suntikkan ekstrak daun insulin secara terus menerus dapat mengalami penurunan kadar glukosa.
  • Selain itu, penelitian lain dilakukan oleh Sulistyowati dari Universitas Negeri Yogyakarta pada tahun 2015 yang menyatakan bahwa daun insulin mengandung senyawa-senyawa aktif seperti senyawa flavonoid, aloksan, tanin, alkaloid, saponin, glikosida, dan steroid yang dapat memengaruhi kerja organ tubuh.
  • Meskipun penelitian daun insulin masih terbilang sedikit, namun terdapat beberapa penelitian yang dapat membuktikan manfaat dan khasiat yang dikandung oleh daun insulin, terutama mengenai penyakit diabetes. Berdasarkan penelitian yang dihasilkan oleh Rosyidi pada tahun 2014 dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, bahwa ekstrak daun insulin dapat menurunkan kadar glukosa. Hal tersebut telah dibuktikan pada tikus percobaan yang menderita diabetes.

Manfaat dan Khasiat Daun Insulin bagi Kesehatan

Daun insulin kaya akan manfaat dan khasiat bagi kesehatan, diantaranya sebagai berikut:

Mencegah dan Mengobati Diabetes 

Khasiat yang membuat daun ini menjadi terkenal adalah kemampuan daun insulin yang mampu mencegah dan dapat mengobati penyakit diabetes. Daun insulin mengandung senyawa aloksan yang dapat merangsang dan memperbaiki sel beta pancreas, sehingga menghasilkan hormon insulin (hormon yang dapat mengatur kadar gula darah).

Mencegah Penyakit Ginjal 

Daun insulin memiliki kandungan senyawa antibakteri seperti saponin dan tanin yang berkhasiat dapat mencegah penyakit ginjal sekaligus dapat menjaga ginjal agar tetap sehat.

Mengobati Liver 

Senyawa antivirus dan antibakteri yang terkandung di dalam daun insulin, dapat menghalau infeksi patogen atau bibit penyakit yang terdapat pada organ hati. Ramuan teh dari daun insulin dipercaya dapat menyembuhkan liver.

Mencegah Kanker 

Daun insulin kaya akan antioksidan. Karena senyawa itulah, daun insulin dapat mencegah kanker. Senyawa antioksidan seperti senyawa saponin dan flavonoid dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Dari efek radikal bebas tersebut menyebabkan rangsangan mutasi DNA dalam sel yang mengakibatkan sel kanker. Dengan mengonsumsi daun insulin yang diolah menjadi teh ataupun dalam bentuk obat kapsul diyakini dapat mencegah tumbuhnya kanker.

Mengatasi Radang tenggorokan 

Daun insulin mengandung senyawa antibakteri yang dapat mencegah dan mengatasi infeksi bakteri. Daun insulin yang diolah menjadi teh dapat berkhasiat untuk menenangkan tenggorokan dan dapat mengatasi masalah radang tenggorokan yang dapat disebabkan oleh bakteri.

Menjaga Kesehatan Pencernaan 

Daun insulin mengandung senyawa Fruktooligosakarida. Senyawa tersebut merupakan senyawa prebiotik yang dapat meningkatkan jumlah bakteri baik yang berada di usus. Bakteri baik tersebut akan menekan bakteri jahat sehingga dapat melindungi saluran pencernaan khususnya organ usus yang sangat rentang terserang bakteri.

Menjaga Kesehatan Saluran Kemih 

Daun insulin mengandung senyawa antibakteri yang dapat mengatasi infeksi bakteri dan dapat menjaga saluran kemih tetap sehat. Apabila Anda mengalami masalah peradangan saluran kemih, cobalah mengonsumsi daun insulin secara teratur.

Mengobati Hipertensi 

Daun insulin terbukti untuk menurunkan darah 5 hingga 10%. Jadi, apabila Anda menderita hipertensi, cobalah pengobatan alami menggunakan daun insulin.

Mencegah dan Mengobati Malaria 

Salah satu khasiat yang terkandung di daun insulin adalah dapat mengatasi infeksi bakteri, virus, dan parasit yang dapat menyebabkan malaria. Daun insulin terbukti dapat menekan sekaligus membunuh parasit plasmodium yang dapat menyebabkan malaria.

Menghilangkan Nyeri 

Daun insulin memiliki efek pereda nyeri atau yang sering disebut analgesic. Senyawa ini dapat menghambat sekaligus menekan rasa sakit.

Mengatasi Sembelit 

Senyawa saponin yang terkandung dalam daun insulin dapat mengatasi masalah sembelit atau sulit buang air besar. Apabila Anda mengalami masalah sembelit, tidak ada salahnya mencoba mengonsumsi daun insulin.

Menjaga Kesehatan Kulit

Daun insulin mengandung senyawa antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat merusak struktur kulit dan dapat menyebabkan kanker kulit. Dengan mengonsumsi daun insulin dapat membuat kulit Anda terlihat lebih segar dan muda.

Ciri-ciri dan bentk daun insulin

Cara Penggunaan Daun Insulin

Ada 3 cara untuk mengonsumsi daun insulin, yaitu:

Merebus Daun Insulin yang segar atau kering.

Cara pembuatannya:

  1. Siapkan 10-15 lembar daun insulin ( daun insulin kering atau segar).
  2. Cuci daun insulin hingga bersih.
  3. Rebus daun insulin dengan air kira-kira 5 gelas ( 1 gelas berukuran 200 ml).
  4. Tunggu hingga air rebusan daun insulin tersebut mendidih dan biarkan hingga tersisa kira-kira 3 gelas.
  5. Kemudian, angkat dan saring air rebusan tersebut.
  6. Minum ramuan daun insulin secara teratur, sekitar 2-3 kali sehari.

Teh Daun Insulin

Teh celup daun insulin kini telah banyak beredar di pasaran. Cara simple bagi Anda yang tidak perlu repot untuk membuatnya. Cukup membeli kemudian menyeduhnya menjadi secangkir teh. Berikut ini adalah info lengkap mengenai Teh Daun Insulin:

Khasiat dan manfaat

  • Menurunkan dan menormalkan kadar gula darah.
  • Meningkatkan fungsi pancreas
  • Mengatasi malaria
  • Obat liver
  • Obat ginjal
  • Meningkatkan metabolism.

Aturan pakai:

  • Diminum 3x sehari
  • Setelah gula darah mengalami penurunan, mengkonsumsi teh celup daun insulin cukup 2x sehari
  • Setelah mengonsumsi teh daun insulin selama 1-2 minggu, sebaiknya mengecek kadar gula darah.

 

Mengonsumsi Kapsul Daun Insulin

Mengonsumsi daun insulin dalam bentuk kapsul, merupakan cara yang paling praktis dan mudah.

Khasiat dan Kegunaannya:

  • Mencegah dan mengobati diabetes
  • Antioksidan
  • Menyehatkan dan meningkatkan kesehatan
  • Penguat hati
  • Menyembuhkan ginjal dan infeksi kantung kemih.

Aturan pakai:

Untuk pencegahan: Minum 2 x sehari sebanyak 2 kapsul per hari sesudah makan.

Untuk pencegahan: 2×3 kapsul per hari.

Anda dapat memesannya secara online di banyak toko online yang bisa anda cari di google 

Efek Samping Daun Insulin

Daun insulin apabila dikonsumsi secara berlebihan dan terus menerus juga menimbulkan efek samping berupa masalah pada ginjal dan menyebabkan ketidakstabilan gula darah. Namun, efek samping tersebut tidak terlalu beresiko apabila Anda mengonsumsi secara hati-hati dan sesuai takaran yang dianjurkan.

Kesimpulan dan Saran

Daun Insulin atau yakon merupakan salah satu tanaman herbal yang kaya akan khasiat dan manfaat namun, masih banyak masyarakat yang belum mengenal tanaman ini. Daun insulin adalah tanaman yang sangat ampuh untuk mengobati penyakit diabetes. Meskipun daun insulin merupakan tanaman herbal alami, Anda tetap harus berhati-hati dan mengikuti aturan pakai dalam mengonsumsinya. Semoga bermanfaat.

Manfaat & Khasiat Daun Insulit Untuk Kesehatan | Rahmad Mustofa | 4.5