Manfaat & Khasiat Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Siapa sih yang tidak mengenal buah jambu biji? Tentunya semua orang mengetahui buah yang satu ini, bahkan mungkin tidak sedikit pula yang pernah memakan buah jambu biji.

Jambu biji atau yang sering disebut jambu batu dan jambu klutuk memiliki nama latin yaitu Psidium guajava. Buah yang mengandung serat tinggi ini memiliki rasa yang manis dan tentunya memiliki banyak kandungan vitamin. Jambu biji merupakan salah satu buah yang berasal dari Brasil, yang kemudian di sebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Tidak hanya buahnya yang memiliki banyak manfaat namun, daun jambu biji juga memiliki banyak khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Manfaat & Khasiat Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Pada zaman nenek moyang kita, daun jambu biji terkenal sebagai salah satu tanaman yang dapat dijadikan sebagai salah satu bahan dasar untuk membuat obat herbal yang dapat menyembuhkan segala jenis penyakit.

Daun jambu biji merupakan tanaman dedaunan herbal yang paling terkenal dibandingkan dengan tanaman herbal yang lainnya. Daun jambu biji ini terkenal sebagai obat herbal yang ampuh untuk menyembuhkan penyakit diare.

Kandungan Daun Jambu Biji

Daun jambu biji mengandung antioksidan, antibakteri, tanin dan anti-flamasi. Daun jambu biji yang masih segar dipercaya sebagai analgesik alami. Senyawa baik yang terkandung dalam daun jambu biji adalah flavonoid, tanin, polifenol, dan karotenoid yang sangat ampuh dan efektif dalam mengobati berbagai jenis penyakit.

Daun jambu biji tidak hanya terkenal dengan khasiatnya yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit secara alami, namun daun jambu biji juga memiliki manfaat yang banyak dalam hal kecantikan.

Dalam artikel ini saya akan membahas lebih jelas lagi mengenai manfaat dan khasiat dari daun jambu biji sekaligus cara mengolah daun jambu biji dalam bentuk ramuan, teh dll. Artikel ini diharapkan dapat membantu sekaligus memberitahukan tentang manfaat apa saja yang terkandung dalam daun jambu biji dan bagaimana cara membuat ramuan daun jambu biji.

Manfaat dan Khasiat Daun Jambu Biji bagi Kesehatan

Berikut ini adalah ulasan lebih rinci dan jelas mengenai manfaat yang terkandung dalam daun jambu biji:

Mengobati diare.  

  • Cara membuat ramuannya adalah siapkan kira-kira 6 lembar daun jambu biji, tumbuk daun tersebut hingga halus, lalu tuangkan secangkir air matang. Kemudian, peras air hasil racikan tersebut ke dalam cangkir, dan ramuan siap untuk diminum. Minum ramuan tersebut secara teratur sebanyak 2 kali sehari hingga penyakit diare Anda sembuh.
  • Daun jambu biji terkenal karena khasiatnya yang dapat mengobati diare. Untuk mengobati diare Anda dapat langsung memakan daun jambu biji yang masih muda dan bisa juga meracik daun jambu biji menjadi ramuan.

Mengobati maag.  

  • Cara membuat ramuannya adalah siapkan 8 lembar daun jambu biji, kemudian rebus dengan air sebanyak 1,5 liter. Tunggu hingga mendidih, kemudian tuangkan ke dalam cangkir. Minumlah ramuan tersebut secara rutin yaitu 3 kali sehari.
  • Manfaat lainnya yang terkandung dalam daun jambu biji adalah dapat mengobati penyakit maag.

Menurunkan Kolesterol.  

  • Cara pembuatannya adalah rebus 8 lembar daun jambu biji dengan 1,5 liter air hingga mendidih. Setelah mendidih angkat dan diamkan air rebusan tersebut hingga dingin. Kemudian minumlah 3 kali sehari.
  • Dalam sebuah penelitian telah membuktikan bahwa apabila Anda mengonsumsi teh daun jambu biji selama 3 bulan secara teratur dapat menyebabkan penurunan kolesterol.

Membantu pencernaan  

  • Cara membuat teh daun jambu biji adalah siapkan 8-9 lembar daun jambu biji, rebus dengan air sebanyak 1,5 liter. Tunggu hingga air mendidih kemudian diamkan hingga dingin. Minumlah teh daun jambu biji 3 kali sehari. Lakukan secara rutin dan teratur.
  • Daun jambu biji mengandung senyawa baik yaitu antibakteri yang dapat membunuh bakteri jahat yang berada di usus dan dapat menghentikan proliferasi enzim bakteri beracun. Teh daun jambu biji sangat cocok untuk membantu pencernaan sekaligus dapat merangsang untuk produksi enzim pencernaan.

Mengobati demam berdarah.  

  • Cara membuat rebusan daun jambu biji adalah siapkan daun jambu biji yang masih muda atau bagian pucuk kira-kira 8-9 lembar daun. Cuci daun jambu biji hingga bersih. Siapkan 3-4 gelas air lalu masukkan dalam panci. Masukkan 8-9 lembar daun jambu biji ke dalam panci. Rebus sampai matang dan biarkan hingga air dalam panci tersisa kira-kira 1 gelas. Anda dapat menambahkan madu murni agar rasanya manis. Tunggu hingga air rebusan hangat dan siap untuk diminum. Minumlah ramuan ini sebanyak 1 gelas per hari hingga penyakit demam berdarah anda sembuh.
  • Daun jambu biji dapat mengobati demam berdarah.

Pengobatan luka dan infeksi. 

  • Cara membuatnya adalah ambilah 3 pucuk daun jambu biji, kemudian cuci bersih. Kunyahlah sampai lumat, atau bisa juga dengan menumbuk pucuk daun jambu biji tersebut hingga halus. Tempelkan pada bagian tubuh yang luka. Lakukan hal ini secara teratur hingga lukanya sembuh.
  • Daun jambu biji memiliki khasiat untuk mengobati luka. Hal tersebut terjadi karena daun jambu biji mengandung astringent yang dapat menghentikan pendarahan.

Mengobati ambeien. 

  • Cara membuatnya adalah siapkan daun jambu biji muda dan pisang batu. Kemudian tumbuk kedua bahan tersebut secara bersamaan hingga halus. Tambahkan segelas air matang. Kemudian peras ke dalam gelas dan minumlah secara teratur hingga penyakit ambeiennya sembuh.
  • Khasiat lain dari daun jambu biji adalah mengobati ambeien. Penyakit ini merupakan penyakit yang sangat merepotkan dan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Apabila Anda adalah salah satu penderita ambeien, anda dapat mencoba meminum ramuan ini untuk menyembuhkannya.

Manfaat Daun Jambu Biji

Manfaat dan Khasiat Daun Jambu Biji bagi Kecantikan

Tahukah Anda, daun jambu biji juga memiliki khasiat dalam kecantikan? Daun jambu biji memiliki antioksidan yang berupa antiseptik, senyawa ini dapat membunuh kuman yang dapat menyebabkan gangguan pada masalah kecantikan. Berikut ini manfaat dan khasiat dari daun jambu biji bagi kecantikan:

Mengatasi jerawat dan noda hitam di wajahCara menggunakannya adalah ambilah daun jambu biji yang masih muda dan segar, kemudian cuci hingga bersih. Tambahkan air kemudian tumbuk dan peras daun tersebut. Setelah itu oleskan sari daun jambu biji ke wajah yang berjerawat. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur hingga jerawat Anda hilang dan noda bekas jerawat pudar.

Jerawat adalah hal yang dapat mengurangi tingkat percaya diri sebagian orang. Kulit yang berjerawat akan terlihat kusam dan tidak enak untuk dipandang. Berikut ini adalah cara menghilangkan jerawat dan noda hitam bekas jerawat dengan menggunakan cara alami yaitu menggunakan sari dari daun jambu biji.

Menghilangkan komedo  

  • Cara penggunaanya adalah ambila 4-5 lembar daun jambu biji, dan cuci hingga bersih. Kemudian gosok-gosokkan daun jambu biji yang telah ditumbuk halus ke wajah yang berkomedo. Diamkan di area wajah yang terdapat komedo kira-kira 5-10 menit. Setelah itu bilas wajah hingga bersih menggunakan air dingin.
  • Daun jambu biji juga sangat ampuh untuk menghilangkan komedo. Cara menggunakan daun jambu biji untuk menghilangkan komedo adalah dengan membuatnya menjadi scrub.

Mencegah penuaan dini atau keriput 

  • Cara penggunaannya adalah rebus daun jambu biji hingga matang. Kemudian tunggu hingga mendidih dan diamkan hingga dingin. Lalu gunakan air rebusan daun jambu biji tersebut sebagai air untuk mencuci muka. Lakukan hal tersebut setiap hari. Kulit wajah Anda akan terlihat lebih muda dan bebas dari keriput.
  • Penuaan dini atau keriput merupakan hal yang paling menakutkan bagi Anda yang berusia 30 tahunan. Banyak orang yang menginginkan wajahnya tetap awet muda tanpa adanya keriput. Berikut ini adalah cara untuk mencegah penuaan dini.

Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa daun jambu biji memiliki banyak manfaat dan khasiat baik dalam kesehatan maupun kecantikan. Demikianlah ulasan mengenai manfaat dan khasiat daun jambu biji. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Manfaat & Khasiat Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan Dan Kecantikan | Rahmad Mustofa | 4.5