Tanaman Bajakah Obat Kanker Tradisional dari Kalimantan

Khasiatku.Net, Tanaman Bajakah Obat Kanker Tradisional dari Kalimantan – Tanaman Bajakah menjadi terkenal setelah tiga siswa SMA asal Palangkaraya, Kalimantan Tengah, meraih medali emas di Korea Selatan. Mereka memenangkan medali Emas di World Invention Creativity Olympic (WICO), Seoul, Korea Selatan pada 25 Juli 2019 berkat penelitian mereka terhadap tanaman Bajakah. Dari hasil penelitian kedua siswi tersebut, tanaman Bajakah disebut sebagai salah satu tanaman yang dapat menyembuhkan penyakit kanker.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, pengobatan kanker saat ini masih dilakukan melalui kemoterapi atau operasi untuk membuang sel kanker yang menggerogoti tubuh. Pengobatan tersebut cukup menelan biaya yang besar.

Pengolahan Tanaman Bajakah sebagai Obat Kanker

Tanaman Bajakah diolah secara sederhana oleh siswa tersebut sampai dilakukan uji klinis di laboratorium resmi untuk mengetahui kandungan Tanaman Bajakah di Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Hasil pengujian di laboratorium tersebut menunjukkan akar tanaman bajakah mengandung antioksidan yang berlimpah dan dapat dijadikan obat penyakit kanker yang sangat menjanjikan.

Tanaman Bajakah adalah tanaman khas Kalimantan Tengah dan sudah dari dahulu dipakai sebagai penyembuh kanker secara turun-temurun oleh nenek moyang suku Dayak. Dilihat secara sekilas tanaman bajakah tidak jauh berbeda dengan tanaman pada umumnya. Sebagai obat penyakit kanker, Tanaman Bajakah mengandung 40 macam zat penyembuh kanker, di antaranya saponin, fenolik, steroid, terpenoid, tannin, alkonoid, dan terpenoid.

Sampai saat ini diketahui Tanaman Bajakah hanya ada di Kalimantan Tengah dan jumlahnya terbatas. Jika dibudidayakan di tempat lain informasinya kandungan Tanaman Bajakah ini akan berbeda pula.

Tanaman Bajakah hanya tumbuh di lahan gambut hutan pedalaman Kalimantan. Bentuk batang Tanaman Bajakah ini seperti batang bersulur. Tanaman Bajakah ini tumbuh dengan cara merambat walaupun memiliki batang yang cukup kuat dan besar. Tanaman Bajakah ini dapat merambat di ketinggian hampir lima meter, tanaman bajakah ini merambat sampai ke puncak pohon lain yang dirambatinya.

Tanaman Bajakah ini hanya hidup di lokasi yang rimbun di mana sinar matahari tidak terlalu banyak. Barangkali Inilah yang mengakibatkan Tanaman Bajakah tidak bisa dibudidayakan. Pengolahan Tanaman Bajakah sebagai obat kanker prosesnya dilakukan melalui pengeringan dengan bantuan matahari. Setelah itu, Tanaman Bajakah yang sudah kering dicacah menjadi agak halus, setelah itu Tanaman Bajakah tumbuk sampai menjadi bubuk.

Setelah menjadi bubuk Tanaman Bajakah siap direbus. Satu gram bubuk bajakah direbus dengan air selama 30 menit. Hasil rebusan itulah yang dapat digunakan sebagai obat kanker. Caranya air hasil rebusan Tanaman Bajakah diminum sebagai pengganti air minum setiap hari.

Air rebusan Tanaman Bajakah rasanya seperti teh tapi hambar. Air Tanaman Bajakah dikonsumsi selama dua bulan. Khasiatnya dapat menghilangkan Kanker, Tumor dan penyakit sejenisnya.

Tanaman Bajakah Obat Kanker Tradisional dari Kalimantan | khasiat | 4.5